Seni Budaya dan Pariwisata

Pj. Wali Kota Tinjau KGR, Perbaikan Sarpras Akan Dilakukan

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Wisata religi menjadi salah satu daya tarik yang dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Di Kota Malang, salah satu destinasi wisata potensial yang menjadi jujugan adalah di Makam Ki Ageng Gribig yang terletak di kawasan Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang.

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat bersama jajaran nyekar ke Makam Ki Ageng Gribig

Oleh karena itulah Penjabat (Pj) Wali kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM bersama jajaran Pemkot Malang mengunjungi sekaligus meninjau kompleks pemakaman yang juga dikenal dengan sebutan Kampung Gribig Religi (KGR) itu untuk memastikan kenyamanan hingga sarana prasarana yang ada, Selasa (27/2/2024).

“Tahun ini akan ada beberapa perbaikan, seperti pagar dan kamar mandi/toilet yang memang sudah tidak layak. Rencana perbaikan ini berdasarkan usulan dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) KGR yang selama ini mengelola makam tersebut,” imbuh Wahyu.

Ditambahkannya, untuk teknis perbaikan maupun anggarannya nanti akan dibahas lebih lanjut melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) atau Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar). “Yang pasti perbaikannya tahun ini dan akan dialokasikan dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK),” jelas Wahyu.

Kunjungan wisata ke Makam Ki Ageng Gribig ini cukup tinggi. Selama rentang waktu Januari-Februari 2024 ini kunjungannya hampir mencapai 2.000 wisatawan yang datang. “Ini sangat potensial dan nanti setelah ada beberapa perbaikan, kami optimis jumlah kunjungan wisatanya akan terus meningkat,” yakin Wahyu.

Dalam kunjungan di makam yang penuh nilai historis ini Pj. Wali Kota Malang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perhubungan (Dishub), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), dari Disporapar, Camat Kedungkandang dan Lurah Madyopuro. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content