Pendidikan

Kota Malang Jadi Tuan Rumah Final ID-MEC Vol. 3

Blimbing (malangkota.go.id) – Kota Malang menjadi tuan rumah putaran final ajang I Discovered Maths and Science Competition (ID-MEC) Vol.3, Sabtu (2/3/2024). Setelah sebelumnya dihelat di Surabaya dan Samarinda, tahun 2024 ini menjadi kali ketiga kompetisi matematika dan sains tingkat nasional ini diselenggarakan.

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengalungkan medali kepada peserta ID-MEC Vol 3

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM sungguh mengapresiasi berbagai gelaran kompetisi yang tentunya akan menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berdaya saing. “Saat ini kita memang berada pada era yang penuh daya saing di segala bidang. Maka menjadi sebuah keniscayaan untuk membentuk sumber daya manusia yang andal. Salah satunya dengan mengikuti kompetisi semacam ini untuk bisa mengukur kemampuan dan bisa jadi modal untuk memiliki jiwa kompetitif,” ungkapnya.

Wahyu menilai ajang kompetisi seperti ID-MEC ini menjadi bentuk dukungan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Terlebih tahun 2030 mendatang, Indonesia akan mengalami bonus demografi dan memiliki cita-cita meraih Indonesia Emas 2045.

“Tentu cita tersebut tergantung kualitas generasi muda kita. Ajang ini diharapkan dapat menjadi ajang anak-anak kita untuk menunjukkan bakat serta kemampuannya dalam bidang matematika dan sains. Semoga ajang ID-MEC dapat menjadi motivasi untuk para pelajar agar terus belajar dan berprestasi sehingga dapat membawa harum nama bangsa di kancah internasional,” tutupnya.

Kompetisi ini diikuti total 561 peserta dari jenjang SD hingga SMP dari berbagai wilayah di Indonesia. Selanjutnya, ada 83 peserta berkompetisi dalam putaran final yang diselenggarakan di Harris Hotel and Conventions Malang. Didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang Suwarjana, SE, MM, Wahyu menyerahkan penghargaan penghargaan bagi sembilan peserta yang meraih Gold Award. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content