Artikel

Sambut Lebaran, KAI Luncurkan Kereta Baru

Klojen (malangkota.go.id) – Untuk meningkatkan customer experience (pengalaman pelanggan), KAI menghadirkan rangkaian Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation pada KA Majapahit. Hadirnya rangkaian kereta ekonomi ini merupakan bentuk konsistensi KAI yang selalu berupaya meningkatkan layanan serta menciptakan customer experience pada pelanggan.

“Ini menjadi bukti bahwa KAI mendengarkan masukan pelanggan, sehingga selalu mengikuti kebutuhan dan perkembangan zaman,” ucap Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif kepada awak media di Stasiun Kota Baru Malang, Senin (25/03/2024).

Luqman menambahkan, KA Majapahit sebelumnya memiliki stamformasi tujuh kereta ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk dengan formasi 2-2 berhadapan atau tidak berhadapan, dan kapasitas 560 tempat duduk.

Mulai hari ini KA Majapahit menggunakan Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation dengan jumlah tempat duduk menjadi 72 kursi. Selain itu, KA Majapahit juga menambah stamformasi rangkaian yang digunakan, menjadi delapan kereta ekonomi ini dan satu kereta makan pembangkit yang mampu menampung 576 tempat duduk. “Jadwal perjalanan KA Majapahit relasi Malang – Pasar Senen, berangkat dari Malang pukul 18.45 WIB dan tiba di Pasar Senen pukul 08.37 WIB,” tambahnya.

Luqman Arif menerangkan, kereta ekonomi ini memiliki beberapa fitur yang di-upgrade, yakni leg room lebih luas, jenis kursi tipe captain seat yang dapat diatur kemiringannya (reclining) dan bisa disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving). Passenger Information Display System (PIDS) di setiap kereta yang menampilkan informasi stasiun terdekat, kecepatan, dan suhu ruangan.

Selain itu juga ada USB charger port pada masing-masing kursi, di samping stop kontak yang telah tersedia di dinding kereta, memiliki dua toilet dengan meja lipat yang bisa berfungsi untuk mengganti popok bayi, musala di kereta makan, rangkaian kereta makan yang diperbarui lebih mewah dengan interior dan furnitur premium.

“Keunggulan lainnya, yaitu menggunakan jendela dengan tempered double glass, pintu masuk kereta dan penghubung antar kereta menggunakan pintu elektrik otomatis yang memudahkan dalam membuka atau menutup pintu,” ungkap Luqman.

Dengan keunggulan tambahan tersebut, tentunya membuat tingkat keamanan lebih tinggi, membantu mengurangi masuknya panas berlebih dan sinar UV ke dalam ruangan, serta mereduksi kebisingan lebih baik.

KA Majapahit dengan rangkaian Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation tersebut sudah dapat digunakan masyarakat untuk mudik Lebaran. Sehingga dengan kenyamanan yang semakin meningkat, dapat terwujud mudik ceria dan penuh makna.

“KAI akan terus mengupgrade kereta-kereta yang sudah ada. Harapannya, minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan tepat waktu, terlebih di masa angkutan Lebaran sehingga tercipta mudik ceria penuh makna ,” terang Luqman. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content