Berita Kesehatan

Gedung Baru Puskesmas Cisadea Diresmikan

Blimbing (malangkota.go.id) – Dibuka dengan senam prolanis (program pengelolaan penyakit kronis), peresmian gedung baru Puskesmas Cisadea oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM bersama Pj. Ketua TP PKK Kota Malang Hanik Andriani Wahyu Hidayat, Jumat (26/4/2024) berlangsung gayeng.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM meremiskan gedung baru Puskesmas Cisadea

Usia melihat langsung ke seluruh ruangan, Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menilai bangunan baru Puskesmas Cisadea ini representatif dan digadang menjadi percontohan (role model) bagi puskesmas lain di Kota Malang. “Ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang sesuai dengan standar yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pukerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” jelas Wahyu.

Dengan adanya gedung baru ini harapannya Puskesmas Cisadea dapat menjadi salah satu sarana layanan kesehatan dengan segala fasilitas yang ada untuk mendukung proses diagnosa, pengobatan, dan pemeliharaan kesehatan masyarakat. “Sehingga mampu memberikan kemanfaatan secara meluas bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kota Malang,” tuturnya.

Ditegaskannya bahwa salah satu upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045 mendatang adalah dengan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Bukan saja meningkatkan kualitas SDM generasi muda, namun juga menjaga kesehatannya,” tambahnya.

Selain Puskesmas Cisadea, Wahyu menyebutkan akan ada lagi pembangunan puskesmas lain yang memenuhi standar, yang tentunya setelah mendapatkan persetujuan dari DPRD Kota Malang. “Setelah Puskesmas Cisadea, nantinya Puskesmas Bareng. Saat ini Pemerintah Kota Malang akan melakukan inventarisir terlebih dahulu,” kata Wahyu.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr. Husnul Muarif mengatakan Puskesmas Cisadea yang baru disebut sudah memenuhi standar Kemenkes dan Kementerian PUPR karena luas lahan dan luas bangunan serta ruangan yang ada memiliki ukuran standar untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. “Semua ruangan sudah sesuai dengan Permenkes. Atap Puskesmas juga sudah sesuai standar yang ditetapkan Kementerian PUPR, kita menyesuaikan,” jelas Husnul.

Dengan adanya standarisasi bangunan ini diharapkan layanan di Puskesmas Cisadea bisa lebih baik, sehingga masyarakat semakin nyaman, demikian juga dengan tenaga medisnya. Sebelumnya Puskesmas Cisadea berada di Jalan Cisadea dan kini gedung barunya berada di Jalan Indragiri Gang IV nomor 40 Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing. Luas Lahan Puskesmas baru Cisadea 1.300 meter persegi dengan luas bangunan 1.000 meter persegi. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content