Blimbing (malangkota.go.id) – Menteri Koperasi dan UKM RI Drs. Teten Masduki mengunjungi Malang Creative Center (MCC) Kota Malang, Jumat (26/4/2024). Kunjungan ini dilakukan dalam rangkaian Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM (PLUT KUMKM) Summit 2024 yang digelar di Kota Malang 25-28 April 2024.

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat (tengah) mendampingi Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki (kiri) saat di MCC

Didampingi Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Wahyu Hidayat, Menkop UKM berkeliling dan melihat beragam aktivitas yang dilakukan di MCC. Menteri Teten menyampaikan apresiasinya terhadap rumah pengembangan kreativitas di Kota Malang ini. “MCC sebagai hub atau inkubator anak muda kreatif seperti ini hanya saya temukan di Kota Malang,” ujarnya.

Menteri Teten pun mengungkapkan kekagumannya atas potensi dan pergerakan ekonomi kreatif di Kota Malang yang kian pesat. “Saya betul-betul kagum dengan Kota Malang. Di Malang ini lengkap, kampus banyak, anak muda kreatif, produknya berbasis kreativitas dan inovasi teknologi. Saya apresiasi Pemkot Malang atas adanya tempat ini yang menjadi wadah anak muda berkreasi,” ucapnya.

Atas potensi tersebut, tak mengherankan jika Kemenkop UKM memilih Kota Malang menjadi tuan rumah gelaran yang dihadiri oleh perwakilan berbagai daerah ini. “MCC ini luar biasa. Ini patut ditiru oleh daerah lain. Budget per tahun hanya tujuh miliar tapi bisa melahirkan entrepeneur baru. Nanti kami akan hubungkan karena kami di kementerian punya program entrepreneur hub yang menginkubasi startup untuk kita kembangkan agar dapat akses permodalan, investor, dan sebagainya. Jadi nanti kita kerja sama Pak Wali,” tuturnya di hadapan awak media.

Sementara itu, Pj. Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM menyampaikan rasa bangganya atas apresiasi yang diberikan Menkop UKM. Wahyu pun bersyukur Kota Malang menjadi tuan rumah PLUT UKM Summit 2024. Menurutnya, melalui event ini daerah lain bisa melihat secara langsung bagaimana perkembangan ekonomi kreatif di Kota Malang.

Bersama para insan kreatif Kota Malang penggagas MCC, Wahyu  juga berkesempatan menceritakan kolaborasi dan sinergitas Pemkot Malang dengan berbagai komunitas dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif di Kota Malang melalui MCC.

“Pak Menteri juga mengapresiasi bagaimana ekonomi kreatif di Kota Malang termasuk adanya MCC, kolaborasi dengan komunitas dan anak muda itu baik sekali. Dan akan disampaikan juga kepada Pak Presiden agar saat ke Kota Malang, beliau juga bisa melihat langsung,” pungkas Wahyu. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content