Hukum, Politik, dan Pemerintahan

Bernostalgia, Pj. Wali Kota Malang Ajak Kuatkan Sinergi Bangun Kota Malang Berkelas

Klojen (malangkota.go.id) – Resepsi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-110 Kota Malang yang digelar di salah satu gedung bersejarah, yakni Gedung Kesenian Gajayana, Sabtu malam (27/4/2024) berlangsung meriah. Seluruh elemen yang hadir diajak untuk merasakan nuansa Kota Malang sesungguhnya melalui pertunjukan seni tari dan musik yang berlatar belakang Kota Malang hingga pakaian khas Malang Tempoe Doeloe.

Pj. Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat memberikan sambutan

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM menyampaikan dalam 110 tahun perjalanan Kota Malang telah melewati berbagai tantangan, menghadapi berbagai perubahan, tetapi berseiring dengan banyaknya prestasi yang diraih.

“Resepsi ini diadakan di Gedung Cenderawasih (sekarang menjadi Gedung Kesenian Gajayana) karena kami ingin flashback bahwa kita bisa duduk di sini tentu melalui perjuangan terdahulu. Rangkaian hari jadi Kota Malang termasuk logo yang dibuat, kolaborasi dengan ADGI sehingga logo ini bisa menjadi bentuk nyata tema Berselaras untuk Kota Malang yang Berkelas,” urai Wahyu.

HUT Kota Malang 1 April 2024 yang jatuh pada bulan puasa, telah dilaksanakan rangkaian kegiatan mulai dari doa bersama di Alun-Alun Mereka Kota Malang sembari berbuka puasa bersama, yang juga diwarnai dengan acara mercon blanggur. Selanjutnya upacara HUT 110 Koto Malang yang dilanjutkan dengan napak tilas ke gedung-gedung bersejarah.

“Dari situ kita mulai mengingat bahwa banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh Kota Malang, di mana gedung gedung tersebut menjadi saksi. Saya menyampaikan apresiasi atas kontribusi seluruh elemen masyarakat dalam membangun Kota Malang. Tantangan yang dihadapi pun makin komprehensif,” terangnya.

Lebih lanjut dituturkannya bahwa amanah tugas pokok sebagaimana arahan Presiden, Mendagri dan Gubernur Jawa Timur yang terus dievaluasi, alhamdulillah Kota Malang meraih nilai sempurna. Tugas pokok yang disebut dengan 4 Sehat 5 Sempurna itu yaitu pengendalian inflasi, penanganan kemiskinan ekstrem, percepatan penurunan stunting, kemudahan berusaha, dan ekonomi kreatif. Wahyu berharap dapat menjalankan amanah itu hingga selesai. Disadarinya banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, sehingga perencanaan akan permasalahan Kota Malang telah disusunnya mengingat bahwa solusi yang dikerjakan adalah sebuah proses berkelanjutan.

“Saya yakin dengan semangat berinovasi, kreativitas dan kebersamaan yang telah menjadi ciri khas kita, Kota Malang akan terus berkembang menjadi kota yang lebih baik. Mari kita senantiasa kuatkan sinergitas dan kolaborasi, bersatu padu, saling bahu membahu untuk mewujudkan impian besama kita, Kota Malang yang berkelas, yang maju harmonis dan sejahtera untuk semua warganya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam Resepsi HUT ke-110 Kota Malang jajaran Forkopimda, Penjabat (Pj.) Ketua TP PKK Kota Malang Dra. Hj. Hanik Andriani Wahyu Hidayat, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso, ST, MT, Kepala Perangkat Daerah Pemkot Malang, Camat, Lurah dan elemen masyarakat.

Pada kesempatan ini juga diserahkan hadiah berbagai lomba yang digelar untuk memeriahkan HUT ke-110 Kota Malang diantaranya Lomba Cipta Rasa, Lomba Kampung Berhias, Lomba Foto Piala Pj. Walikota Malang, Lomba Fotografi “Terjaga Infrastruktur Kampungku, Sehat Lingkunganku” dan Pawai Budaya Kota Malang 2024. (yul/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content