Berita Pendidikan

14 Ribu Siswa Akan Ikuti UKD di Kota Malang

Malang (malangkota.go.id) – Pada bulan Mei mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang akan menggelar Uji Kompetensi Dasar (UKD) bagi siswa SD/MI Kelas 6 di seluruh Kota Malang. UKD ini menjadi salah satu prasyarat untuk pendaftaran di seluruh SMP Negeri di wilayah Kota Malang yang juga dapat diikuti oleh peserta dari luar Kota Malang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Suwarjana, SE, MM. menyampaikan UKD diperuntukkan bagi peserta didik untuk mendaftarkan diri dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur prestasi rapor ke jenjang SMP Negeri. Hingga saat ini tercatat kurang lebih sebanyak 14 ribu peserta didik yang akan mengikuti UKD tersebut, Senin (29/04/2024).

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa UKD ini penting karena UKD menjadi syarat dalam PPDB jalur prestasi. Sehingga UKD memberikan kesempatan kepada siswa siswi yang secara akademiknya bagus untuk masuk ke SMP Negeri melalui jalur prestasi.

“Saat ini para operator sekolah sedang melakukan entry data mulai dari nama peserta, tempat tanggal lahir, asal sekolah, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomer Induk Kependudukan (NIK) dan alamat rumah sesuai KK. Juga terkait nilai rapor kelas 4 (semester 1 dan 2), nilai rapor kelas 5 (semester 1 dan 2) serta nilai rapor kelas 6 (semester 1),” paparnya.

Setelah input data berhasil dan selesai, maka setiap peserta memiliki PIN yang akan digunakan untuk mengikuti UKD. “Bagi warga Kota Malang yang anaknya sekolahnya di luar Kota Malang dan nantinya ingin masuk SMP Negeri di kota Malang, masih bisa. Pada prinsipnya, kami memberikan rasa keadilan bagi siswa-siswi yang memang memiliki nilai prestasi cukup bagus. Sebab, UKD menjadi syarat dalam PPDB jalur prestasi,” imbuh Suwarjana. (say/yul)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content