Berita

Lanud Abd. Saleh Malang Gelar Latihan Crew Resources Management

Malang, MC – Latihan Crew Resources Management (CRM) Angkatan XXV Tahun Anggaran 2016 kembali dilaksanakan Lanud Abdulrachman Saleh Malang yang pembukaannya dilaksanakan kemarin, Senin (16/5) oleh Komandan Lanud Abd. Saleh Marsekal Pertama (Marsma) TNI H. RM. Djoko Senoputro, SE di ruang serbaguna Wing 2 Lanud Abd. Saleh.

Danlanud Abd. Saleh Malang, Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, SE mengucapkan selamat berlatih kepada peserta Latihan Crew Resources Management
Danlanud Abd. Saleh Malang, Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, SE mengucapkan selamat berlatih kepada peserta latihan Crew Resources Management, Senin (16/5)

Pelatihan CRM yang diikuti oleh 20 orang air crew masing-masing berasal dari Potrud dua orang, Skadron 5 Makassar lima orang, Den Matra 2 Psk dua orang, Lanud Abd. Saleh lima orang, Lanud IWY tiga orang, Denhanud 472 Psk satu orang, Puspom satu orang, dan Bekmatpus satu orang.

Kegiatan ini merupakan program pendidikan TNI AU yang khusus diperuntukkan bagi awak pesawat TNI AU yang tujuannya adalah untuk mengintegrasikan budaya operasional crew dalam rangka menyatukan pola sikap dan pola tindak. Sehingga nantinya akan terwujud hubungan dan kerja sama yang baik antara Ground Crew dan Air Crew maupun pilot.

“Dalam pelatihan ini dipelajari bagaimana awak pesawat mengelola, mengendalikan dan selanjutnya mengambil keputusan melalui koordinasi yang dilakukan oleh air crew dalam suatu penerbangan pesawat TNI AU, sehingga tugas yang diberikan dapat terlaksana dengan lancar dan sukses serta tercapainya zero accident,” jelas Danlanud Abd. Saleh.

Melihat sangat pentingnya pelatihan ini bagi awak pesawat TNI AU, harapannya para peserta pelatihan benar-benar memanfaatkan kesempatan ini dengan dengan sebaik-baiknya.  “Konsentrasikan daya pikir dan jangan segan-segan menanyakan kepada para instruktur atau pengajar tentang materi-materi pelajaran yang belum dipahami,” ujar Marsma Djoko.

Program pendidikan latihan ini dimulai tanggal 16 sampai dengan 20 Mei 2016. Marsma Djoko juga berpesan kepada para instruktur agar dapat mengemban tugas ini dengan sebaik-baiknya, penuh dengan dedikasi yang tinggi dan profesional sehingga dapat mengantarkan para peserta pelatihan ini mendapatkan pengetahuan dan keterampilan, sehingga nantinya manajemen dan koordinasi yang dilakukan oleh crew pesawat TNI AU akan mendapatkan hasil yang lebih baik. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content