Berita Ekonomi-Bisnis

Pelatihan Membuat VCO Menggunakan Pengontrolan Suhu

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Kelurahan Cemorokandang Kecamatan Kedungkandang bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang menggelar kegiatan pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) menggunakan pengontrolan suhu di Balai Kelurahan Cemorokandang, Sabtu (13/7/2024). VCO adalah minyak yang diperoleh dari daging buah kelapa tua yang segar yang diproses tanpa pemanasan, sehingga tidak merubah komposisi atau karakteristik minyak.

Pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) di Kelurahan Cemorokandang

Sekretaris Kelurahan Cemorokandang Misnan, S.AP mengungkapkan kegiatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga tahun 2024 ini dilaksanakan bersama Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya selama dua hari, mulai Sabtu (13/7/2024) hingga Minggu (14/7/2024). “Ini sangat bagus sekali. Kami berharap peserta kegiatan yakni ibu-ibu masyarakat Kelurahan Cemorokandang bisa memanfaatkan sebaik mungkin menyerap ilmu yang diberikan oleh pemateri,” harap Misnan.

Melalui kegiatan ini, Misnan menyebutkan ibu-ibu peserta pelatihan pun akan berdaya dan memliki kemampuan untuk membuat produk VCO yang memiliki banyak manfaat bagus bagi kesehatan. “Lebih dari itu, kami juga berharap pelatihan ini bisa membangkitkan semangat ibu-ibu agar memiliki wawasan lebih untuk membangun usaha,” terang Misnan.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan hidup sehat, menurut Misnan peluang untuk mengembangkan usaha berbasis kesehatan seperti VCO juga akan makin diminati. Hal ini menunjukkan adanya pasar potensial untuk memulai usaha dari tingkat terkecil, yaitu di rumah tangga. “Semoga ilmu yang luar biasa dari kampus UB ini dapat dipahami para peserta dan ditularkan kepada masyarakat di sekitarnya agar membawa manfaat yang lebih luas,” ujar Misnan.

Pada kesempatan ini Misnan juga mengucapkan terima kasih kepada Dosen UB yang bersedia berbagi ilmu dengan masyarakat Kelurahan Cemorokandang. Hal ini menunjukkan sinergi yang luar biasa antara Pemerintah Kota Malang dengan dunia pendidikan. “Ini sangat baik untuk meningkatkan semangat mengedukasi masyarakat, sekaligus memberikan kontribusi yang baik untuk peningkatan SDM di Kelurahan Cemorokandang,” kata Misnan.

Sementara itu, pemateri dari Fakultas Teknik UB, Dr. Eni Yudhaningtyas, MT mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. “Fungsinya adalah memberikan pengetahuan yang diperoleh di perguruan tinggi agar bermanfaat bagi masyarakat,” kata Eni.

Dijelaskan Eni bahwa VCO dipilih sebagai materi pelatihan karena hasil penelitiannya menunjukkan bahwa VCO memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti mengatasi gangguan diabetes, tekanan darah tinggi, dan manfaat kesehatan lainnya jika dikonsumsi secara rutin. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content