Berita Pendidikan

78 Calon Paskibraka Kota Malang Ikuti Pusdiklat

Klojen (malangkota.go.id) – Serangkaian persiapan dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menjelang Peringatan Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, salah satunya mempersiapakan Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas pada Upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2024 mendatang. 78 Calon Paskibraka Kota Malang digembleng dengan mengikuti Pembukaan Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Paskibraka tahun 2024 Tingkat Kota Malang di aula Mini Block Office Balai Kota Malang, Kamis (1/8/2024).

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM memberikan arahan pada Pembukaan Pusdiklat Paskibraka tahun 2024 Tingkat Kota Malang

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM yang hadir dalam acara pembukaan dalam arahannya menyebut bahwa Paskibraka memiliki peran penting, dan menjadi aktor utama dalam rangkaian peringatan upacara kemerdekaan.

Jadi para anggota Paskibraka tentu memiliki tanggung jawab besar. “Kalian adalah orang-orang pilihan yang punya tanggung jawab dalam tugas. Untuk mendapatkan tugas tersebut banyak hal yang harus dilalui. Saya harap kalian bisa tetap fokus dan berlatih dengan baik,” tutur Wahyu memotivasi.

Sementara itu, Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang Drs. Alie Mulyanto, MM menjabarkan bahwa ada 492 siswa/siswi yang mendaftar menjadi Calon Paskibraka Kota Malang. Setelah melalui berbagai tahapan seleksi, akhirnya terpilih 44 siswa dan 34 siswi untuk mengikuti Pusdiklat yang telah berlangsung sejak 22 Juli 2024 dan akan berakhir pada 18 Agustus mendatang.

“Ini dilaksanakan untuk membentuk kedisiplinan, karakteristik, rasa kepemimpinan, nasionalisme, patriotisme, melestarikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan tentunya memiliki kemampuan teknis kepaskibraan,” terang Alie.

Ali mengungkapkan bahwa Kota Malang juga mengikutsertakan enam siswa untuk seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi dan dua orang di antaranya lolos menjadi Calon Paskibraka Provinsi Jawa Timur. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content