Perempuan Sosial dan Kesra

Ingin Tingkatkan Implementasi Program, TP PKK Kab. Nunukan Studi Tiru ke Kota Malang

Klojen (malangkota.go.id) – Tim Penggerak PKK Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara melakukan studi tiru ke TP PKK Kota Malang, Selasa (20/8/2024). Rombongan TP PKK Kabupaten Nunukan ini terdiri dari 38 anggota TP PKK dan perwakilan berbagai perangkat daerah. Rombongan diterima hangat oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Malang Dr. Ida Ayu Made Wahyuni, SH, M.Si bersama pengurus TP PKK Kota Malang serta perangkat daerah terkait di Ruang Sidang Balai Kota Malang.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni saat memberikan sambutan

Ida menyampaikan rasa bangganya karena Kota Malang dinilai memiliki beragam potensi yang menarik bagi daerah lain sebagai tempat studi. Pada kesempatan ini Ida menyampaikan gambaran ragam potensi dan capaian Kota Malang. PKK Kota Malang sebagai mitra pemerintah, disebutkannya selalu berupaya menyinergikan programnya dengan program pembangunan pemerintah daerah, terutama untuk memperkuat otonomi daerah yang diarahkan pada pemberdayaan masyarakat, terutama perempuan hingga tingkat RT/RW. “Terima kasih telah menjadikan Kota Malang sebagai tujuan studi komparatif. Kami harap silaturahmi ini pun menjadi ajang untuk memperkuat kolaborasi kita bersama,“ kata Ida

“TP PKK Kota Malang berupaya memberikan program yang mampu menjadi stimulan guna meningkatkan ekonomi masyarakat. Salah satu program unggulan kami adalah urban farming dengan memanfaatkan lahan terbatas untuk bercocok tanam. Program ini nyatanya membantu dalam pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari ataupun menjadi menambah penghasilan keluarga,” urai Ida lagi.

Kota Malang dipilih menjadi jujugan studi tiru karena dianggap mampu melaksanakan 10 Program Pokok PKK dengan baik. Hal ini disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Nunukan Sri Kustarwati Hanafiah. Kustarwati ingin agar pelaksanaan berbagai program PKK di Kota Malang dapat menjadi contoh bagi gerak dan langkah PKK Kabupaten Nunukan.

“Kami pun ingin memiliki peran dalam pembangunan daerah kami melalui pembangunan keluarga, karena itu kami ingin melaksanakan program-program PKK dengan sebaik-baiknya, sehingga bisa memberi dampak positif bagi masyarakat juga daerah,” sambungnya.

Kustarwati juga menyebut beragam prestasi yang diraih TP PKK Kota Malang menjadi motivasi bagi pihaknya untuk juga meraih pencapaian tersebut. “Kami tahu bahwa banyak prestasi yang telah diraih TP PKK Kota Malang seperti Pakarti Utama I, juga meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA). Karenanya kami bermaksud menimba ilmu dan pembelajaran untuk dibawa pulang yang selanjutnya bisa juga kami tiru dan kembangkan,” ungkapnya. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content