Berita Olahraga

Semarakkan HUT Kemerdekaan, Pemkot Malang Gelar Pedalling for Freedom

Klojen (malangkota.go.id) – Ratusan pesepeda memadati area Balai Kota Malang pada Minggu pagi, (25/8/2024). Datang dari berbagai kota dan komunitas, pegiat olahraga sepeda ini mengikuti Pedalling for Freedom: Celebrate 79 Years of Our Journey to Independent. Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Iwan Kurniawan, ST, MM secara langsung memberangkatkan peserta event yang digelar sebagai rangkaian peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di Kota Malang ini.

Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Iwan Kurniawan, ST, MM memberangkatkan peserta event Pedalling for Freedom: Celebrate 79 Years of Our Journey to Independent

Tak hanya sekadar memeriahkan momen Agustusan, event yang merupakan inisiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ini terlaksana guna menguatkan sport tourism, karena Kota Malang memiliki potensi dan fasilitas yang mendukung terselenggaranya beragam event olahraga.

“Saya mengapresiasi atas terselenggaranya event Pedalling for Freedom. Tentunya Kota Malang menjadi tempat yang tepat untuk sport tourism. Untuk membuka kepada publik, bahwa Kota Malang sangat indah, ramah, baik untuk dapat dikunjungi. Dan menjadi kota yang peduli sport tourism. Itu luar biasa,” ucap Pj. Wali Kota Malang antusias.

Tercatat ada 625 pesepeda yang telah terdaftar dalam event ini. Peserta terbagi menjadi dua kategori, yakni Race dengan 330 peserta dan Non-Race yang diikuti oleh 295 peserta. Diberangkatkan dari depan Balai Kota Malang, mengarah ke selatan menuju Jl. Kolonel Sugiono lalu kembali ke utara menuju Gunung Wukir, Kota Batu hingga akhirnya kembali ke Balai Kota Malang.

Sesuai dengan usia RI, para pesepeda menempuh rute sejauh 79 kilometer dengan elevasi 1.079 meter, tak hanya itu, event ini juga dimeriahkan 79 UMKM lokal. Menurut Iwan, penyelenggaraan event bersepeda ini memiliki daya tarik luar biasa. Pihaknya pun sangat mendukung penyelenggaraan event olahraga seperti ini digelar di Kota Malang.

“Saya dukung event seperti ini bisa diselenggarakan lagi, tentu untuk memperkenalkan Kota Malang. Ke depan akan kita upscalling dari peserta, doorprize, dan berbagai aspek, dengan harapannya semakin banyak yang terlibat. Karena sport tourism seperti ini memberikan multiplier effect,” terangnya.

Sementara itu, Founder Mainsepeda.com, Azrul Ananda menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya event Pedalling for Freedom ini. Diungkapkannya bahwa Kota Malang selalu bisa mengemas event dengan sangat baik dan menarik, terlebih Kota Malang memiliki potensi untuk sport tourism.

“Menurut saya tidak semua daerah bisa membuat dan jadi tempat sport tourism, dalam hal ini sepeda. Harus punya tantangan dan atraktif. Juga didukung dengan fasilitas yang lengkap. Tinggal bagaimana mengemasnya saja. Beberapa kota punya potensi tapi kadang tidak tahu bagaimana menggunakannya. Kota Malang ini sangat pintar menggunakan itu, dan saya yakin masih banyak yang belum dieksplorasi lebih luas,” ungkap Azrul.

Salah satu peserta gowes yang berasal dari Komunitas Sakera Racing Team Jember, Willy Alexander juga mengungkapkan rasa senangnya mengikuti event bersepeda di Kota Malang kali ini. “Jalur yang indah, selain itu eventnya juga gratis. Segala fasilitas juga disediakan dengan baik. Ayo teman-teman cyclist segera merapat ke Kota Malang,” serunya. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content