Berita Kesehatan Pelayanan Publik

Puskeswan Kota Malang Gelar Vaksinasi Rabies dan Kastrasi Kucing Jantan Gratis

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Dinas Ketahananan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang menggelar vaksinasi rabies gratis serta kastrasi kucing jantan gratis di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Malang Jl. Sarangan Kota Malang.

Berdeta usai mengikutkan anjing peliharaannya vaksinasi rabies gratis di Puskeswan Kota Malang

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispangtan Kota Malang drh. Anton Pramujiono mengungkapkan vaksinasi ini digelar dalam rangka World Rabies Day 2024 yang diperingati setiap tanggal 28 September. “Kegiatan vaksinasi rabies gratis seperti ini selalu kami gelar rutin setiap tahun,” jelas Anton, Senin (23/9/2024).

Vaksinasi rabies gratis diselenggarakan pada 23-26 September 2024 dengan kuota terbatas yakni 150 dosis. “Sedangkan kastrasi kucing jantan akan dilaksanakan tanggal 28 September 2024 di Puskeswan Kota Malang,” kata Anton.

Anton menyebutkan bahwa kegiatan ini adalah upaya pencegahan agar hewan peliharaan tidak sampai terjangkit rabies. “Kalaupun ada yang terjangkit bisa secepatnya dilakukan penanganan agar jangan sampai berakibat fatal,” terangnya lagi.

Terkait kasus rabies di Kota Malang, Anton mengatakan sampai sejauh ini masih belum ditemukan. Meski begitu ia mengimbau untuk tetap waspada sehingga Kota Malang dapat benar-benar terbebas dari adanya rabies.

Program vaksinasi ini pun mendapat sambutan baik. Salah satunya adalah Berdeta, pemilik anjing yang mengikut vaksinasi rabies. Ia sangat senang Pemerintah Kota Malang menyelenggarakan program vaksinasi hewan gratis ini. Menurutnya program vaksinasi gratis ini sangat membantu para pemilik hewan atau peternak. “Senang sekali anjing saya mendapatkan vaksinasi rabies. Ini sangat bagus untuk memastikan kesehatan hewan peliharaan benar-benar sehat,” terang Berdeta.

Berdeta berharap program vaksinasi seperti ini bisa lebih sering dilakukan untuk membantu pemilik hewan memastikan hewan kesayangannya sehat. Dengan masifnya kegiatan seperti ini juga menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan target Indonesia bebar rabies 2030. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content