Berita

Puan Maharani Beri Orasi Ilmiah di UMM

Lowokwaru, (malangkota.go.id) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani hadir memberi orasi ilmiah di acara wisuda ke-88 program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor Universitas Muhammadiyah Malang periode II Tahun 2018 di UMM Dome, Sabtu (12/05/2018).

Para wisudawati yang sedang mengikuti rangkaian acara

Menurut Puan Maharani, dirinya memiliki kedekatan secara emosional dengan Muhammadiyah. Karena ayahnya “Soekarno” atau “Bung Karno” adalah kader Muhammadiyah.

Dalam orasinya, Puan Maharani mengungkapkan pada era globalisasi seperti saat ini Indonesia sangat membutuhkan peran generasi muda yang hebat dan tangguh. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan daya saing dengan bangsa lain.

“Kapabilitas sumber daya manusia (SDM) yang andal sangat dibutuhkan, agar Indonesia bisa bersaing di era global. Peran pendidikan tinggi saat ini sangatlah dibutuhkan,” katanya.

Di hadapan 1.264 wisudawan, Puan Maharani menyampaikan apresiasinya atas peran serta Muhammadiyah selama ini. Di mana Muhammadiyah memiliki peran yang sangat luar biasa besar dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

UMM telah bergotong-royong dengan baik membangun SDM di Indonesia, sehingga bisa menjadi generasi yang berkualitas. Ia juga berpesan kepada para wisudawan agar terus berjuang menjaga nama baik UMM yang sudah terwujud dengan baik selama ini.

Sementara itu, Rektor UMM Drs. Fauzan, M.Pd mengatakan, UMM saat ini terus berusaha mendidik mahasiswanya sebaik mungkin untuk bisa bersaing di era global. Saat ini, UMM juga telah menerima sertifikat lisensi kepada Lembaga Sertifikasi Profesi UMM dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“UMM berhak menyelenggarakan sertifikasi profesi para lulusannya, Ini berarti UMM dapat membantu para lulusan mendapatkan pengakuan nasional dan internasional,” ucap Fauzan yang dihujani tepuk tangan wisudawan dan orangtua wisudawan yang hadir.

Selain itu, pada acara ini hadir juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP. Dalam paparannya, Mendikbud mengatakan bahwa wisuda UMM kali ini sangat luar biasa, karena dihadiri oleh banyak tokoh nasional. Kehadiran para tokoh ini diharapkan bisa memotivasi para alumni UMM untuk meraih prestasi.

“Pamerkan dengan percaya diri bagaimana UMM bisa melahirkan generasi yang bisa meneggakan kedaulatan dan kebesaran bangsa,” kata Muhadjir.

Dengan bekal kemampuan yang dimiliki, Mendikbud berharap para alumni UMM bisa terus berkarya dan mengibarkan nama besar UMM di manapun berada.

“Alumni UMM harus bisa terus menjadi pelopor untuk kemajuan bangsa di berbagai bidang,” ujarnya.

Hadir juga Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Kota Malang Drs. Abdul Malik, M.Pd. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content