Berita Inovasi Pelayanan Publik

Tingkatkan Pelayanan Publik, Perumda Tugu Tirta Hadirkan TANIA

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat menghadiri peluncuran TANIA (Tugu Tirta Artificial Intelligence Assistant) di TWUIN (Total Water Utility Integrated Network) Command Center (TCC) Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, Rabu (27/8/2025). Inovasi layanan berbasis kecerdasan buatan (AI) dari Perumda Tugu Tirta ini diharapkan mampu mempercepat dan mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi maupun menyampaikan aduan terkait layanan air bersih.

Peluncuran TANIA di TWUIN Command Center (TCC) Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang

Wali Kota Wahyu memberikan apresiasi atas hadirnya inovasi ini. “TANIA menjadi salah satu terobosan penting. Kecepatan dan ketepatan jawaban dari sistem AI ini tentu akan meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap layanan,” ucapnya.

Orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang ini menilai inovasi TANIA sejalan dengan upaya Pemkot Malang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Wahyu juga mendorong agar pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan terus dikembangkan secara positif, sekaligus mengantisipasi dampak negatifnya. “Teknologi hanya akan optimal jika diimbangi dengan tindak lanjut lapangan yang cepat, tepat, dan mampu memberikan solusi nyata atas keluhan pelanggan,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, Priyo Sudibyo, optimis kehadiran TANIA akan dapat meningkatkan kualitas pelayanan. “Saya optimis dengan inovasi berbasis teknologi TANIA ini, karena SDM Tugu Tirta itu luar biasa, pinter-pinter. Kemampuan mereka ini harus terus dikembangkan untuk bisa memberikan layanan yang optimal bagi masyarakat Kota Malang,” terangnya.

Priyo menjelaskan, sistem TANIA terhubung dengan server secara real time sehingga gangguan sekecil apapun bisa langsung terdeteksi dan ditangani. Melalui TANIA, pelanggan dapat menyampaikan berbagai keluhan maupun pertanyaan seputar layanan air bersih, mulai dari pengecekan tagihan, laporan air keruh, hingga informasi terkait layanan Perumda Tugu Tirta lainnya. “Semua bisa dijawab hanya dalam waktu singkat,” ucapnya.

Kehadiran TANIA yang memanfaatkan platform media perpesanan ini diharapkan dapat menjadi solusi atas tingginya permintaan informasi dan laporan yang masuk setiap hari. Sistem ini juga terhubung langsung dengan bidang-bidang teknis di internal Tugu Tirta, sehingga informasi yang diberikan akurat dan cepat. Menariknya, TANIA dapat digunakan dalam empat bahasa, yakni Indonesia, Jawa, Madura, dan Inggris.

Hadirnya Tania merupakan bukti komitmen Perumda Air Minum Tugu Tirta dalam mendukung Dasa Bakti Unggulan, yakni mewujudkan Ngalam Nyaman serta menjadi motivasi bagi perangkat daerah lain untuk mengadopsi teknologi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Apresiasi juga datang dari Ketua Umum Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi), Arief Wisnu Cahyono. Menurutnya, TANIA merupakan langkah maju sekaligus menjadi role model bagi perusahaan daerah air minum di seluruh Indonesia. “Prestasi ini luar biasa, sekaligus menempatkan Tugu Tirta sebagai salah satu pionir inovasi layanan publik di sektor air minum di Indonesia,” tutupnya. (ari/yn)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content