Berita Pembangunan dan Lingkungan Hidup

Uji Coba Satu Arah Kawasan Kayutangan Dimulai 23 Januari

Klojen (malangkota.go.id) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang akan mulai melakukan uji coba satu arah di Jalan Basuki Rahmat atau yang dikenal sebagai kawasan Kayutangan Heritage pada 23 Januari 2023.

Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra

Jalan satu arah ini akan dibagi menjadi dua bagian, yaitu pengendara yang dari arah depan kantor PLN menuju perempatan Rajabali atau Jalan Semeru. Begitu juga kendaraan yang dari depan patung Chairil Anwar juga demikian. Saat di perempatan Rajabali kendaraan diarahkan ke Jalan Semeru dan juga Jalan Kahuripan. Nantinya di Jalan Semeru dan Jalan Basuki Rahmat juga akan diberlakukan satu arah.

Beberapa hal itu disampaikan Kepala Dishub Kota Malang, Drs. R. Widjaja Saleh Putra, Jumat (13/1/2023). Ditambahkannya, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait rencana uji coba satu arah di kawasan Kayutangan Heritage.

Widjaja menyebut seperti Dinas Pekerjaam Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP), warga sekitar dan terkait penataan parkir. “DPUPRPKP akan menata estetika jalan, termasuk monumen Chairil Anwar dipindah atau tidak. Sedangkan lokasi parkir kami rencanakan di bahu jalan dan akan ditata sebaik mungkin agar tidak mengganggu arus lalu-lintas,” sambungnya.

Untuk warga dan atau pelaku usaha yang sempat ada penolakan dengan rencana satu arah ini, ditegaskan Widjaya bahwa saat ini warga sudah dapat menerima setelah diberi pemahaman. “Beberapa waktu lalu memang sempat ada penolakan karena warga atau pelaku usaha khawatir usahanya merugi,” bebernya.

“Kami telah memberi pemahaman, dan akhirnya warga mengerti. Kami dari pemerintah tidak ada maksud sedikit pun untuk membuat usaha warga merugi. Program ini untuk kebaikan bersama, dan tanggal 23 Januari nanti kan masih tahap uji coba. Kami pun nanti akan melakukan kajian ulang jika memang dibutuhkan,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content