Berita

Pemkot Malang Gencar Sosialisasi PPKM Mikro

Malang, (malangkota.go.id) – Setelah melakukan kegiatan penanaman pohon pule di Balai Uji KIR Kota Malang, Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko ikut menyosialisasikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kelurahan Madyopuro, Selasa (16/02/2021). PPKM Mikro yang berbasis pada RT dan RW membuat peran RT dan RW sangat penting pelaksanaannya.

Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko menyosialisasikan PPKM Mikro di Kelurahan Madyopuro

Bung Edi, sapaan Wakil Wali Kota Malang tersebut mengapresiasi peran aktif RT dan RW yang sejak April telah berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Malang dalam penanganan Covid-19. Ia berharap partisipasi dan peran masyarakat lebih dioptimalkan dan lebih digiatkan sehingga kolabolasi pemerintah, masyarakat, TNI dan Polri akan semakin baik.

“Bentuk Kebersamaan dan kegotongroyongan masyarakat ke depan diharapkan bisa mengatasi permasalahan dampak Covid-19, termasuk bisa mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Malang,” ujar Bung Edi.

Dalam sosialisasi ini, Bung Edi menyampaikan salah satu kunci penanganan Covid-19 ada pada kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan yang harus diawasi agar tidak lengah dan longgar. Karena ini menjadi penentu naik atau turunnya penyebaran Covid-19. Salah satu hal yang menjadi konsentrasi pemerintah saat ini adalah pelacakan kontak erat Covid-19, guna menekan angka kematian dan mengurangi penyebaran. Hal ini juga menjadi upaya untuk meminimalisir adanya klaster baru.

“Masih ada persepsi bahwa Covid-19 tidak ada dan terkait vaksin yang saat ini sudah mulai dicanangkan. Mohon dengan sabar dan telaten bapak ibu RT dan RW bisa memberikan pemahaman, penjelasan, motivasi kepada warganya sehingga masyarakat bisa terbantu,” tambahnya.

Melalui laporannya, Camat Kedungkandang Donny Sandito, S.STP., M. Si, menyampaikan dari 17 RW dan 133 RT di Kelurahan Madyopuro hanya satu yang zona kuning dan lainnya hijau dengan lima orang terkena virus. Terkait dengan pencegahan dan mitigasi penanganan Covid-19, pihaknya terus melakukan pengadministrasian data warga yang masuk. Selain itu, pihaknya juga secara aktif memantau keadaan warga termasuk apabila ada yang sakit.

Selajutnya Wakil Wali Kota Malang dan Camat Kedungkandang melakukan koordinasi penanganan Covid-19 dan pelaksanaan PPKM Mikro di Kelurahan Sawojajar. Koordinasi ini dilakukan dengan Lurah Sawojajar Lukman Hidayat, Babinkamtibmas Kelurahan Sawojajar Aiptu Hanif, dan Babinsa Kelurahan Sawojajar Serka Sudiono. Dalam laporannya, Lurah Sawojajar menyampaikan ada penurunan angka masyarakat yang terpapar Covid-19, semula ada 8 orang sekarang 7 orang. (eka/ram)

You may also like

Skip to content