Artikel Artikel Terkini

NUEST Filipina Apresiasi Miniatur Data Center Jagoan Hosting

Blimbing (malangkota.go.id) – Kolaborasi antara startup dan kampus adalah langkah yang sangat penting dan saling menguntungkan dalam ekosistem bisnis masa kini. Kampus menjadi tempat di mana ide-ide baru dan pemikiran kreatif berkembang, yang dapat memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan produk atau layanan startup.

Selain itu, kolaborasi dengan kampus dapat menjadi pintu masuk bagi startup untuk merekrut bakat-bakat muda yang bersemangat dan berpotensi, sehingga memperkuat tim internal mereka.

Di sisi lain, bagi kampus, berkolaborasi dengan startup dapat membuka peluang untuk mengaplikasikan penelitian dan pengetahuan yang dimiliki ke dalam dunia nyata, menciptakan lingkungan belajar yang lebih relevan dan terhubung dengan kebutuhan industri.

Memahami pentingnya hal tersebut, Nueva Ecija University Science and Technology (NUEST) Philippines mengunjungi kantor Jagoan Hosting di Kota Malang, Jumat (10/5/2024). Ketiga perwakilan kampus yang datang antara lain Ms. Alma Pia G. Reyes Focal Person for International Linkages-CMBT, Khriz N. Fernandez Faculty CMBT dan Kelvin Julius A. Nueda Area Chairperson Tourism Management.

“Kunjungan kami sebenarnya untuk melihat langsung kantor Jagoan Hosting. Sebelumnya, dua mahasiswa kami dapat kesempatan magang di sini dan mereka senang sekali. Kami ikut terkesan dan ingin tahu langsung,” kata Ms. Alma Pia.

Khriz N. Fernandez berharap, Jagoan Hosting dan seluruh entitas Beon Intermedia bisa memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat. “Saya berharap, Jagoan Hosting dan seluruh entitas Beon Intermedia bisa menolong lebih banyak orang dan bisa memberikan manfaat. Tak hanya bagi masyarakat di Indonesia, namun juga di negara lain, bahkan di seluruh dunia,” papar dia.

Dalam kesempatan tersebut, tim NUEST Filipina mengunjungi miniatur data center yang diberi nama Dinoyo Research Center. Para pelaku startup dan perwakilan pemerintah melihat kondisi mini data center yang ada di kantor tersebut.

Sesuai dengan komitmen Jagoan Hosting yang getol mendukung digitalisasi pendidikan, provider hosting asli Indonesia ini membuka kesempatan luas bagi para mahasiswa atau siswa sekolah yang ingin belajar menyentuh server fisik.

“Kami memiliki miniatur data center yang digunakan sebagai tempat workshop. Sehingga, siswa maupun mahasiswa bisa belajar untuk mengolah server di kantor kami,” terang General Manager Jagoan Hosting, Andy Novianto.

Misalnya, siswa maupun mahasiswa bisa belajar untuk membagi kapasitas server sesuai dengan kebutuhan. “Jika membagi server secara virtual, banyak praktik yang sudah dilakukan di luar sana. Namun, pengalaman untuk mengelola server secara fisik, membutuhkan akses tertentu, bahkan belum semua orang mengalaminya. Namun, dengan adanya fasilitas tersebut, kami berharap bisa memberikan edukasi yang tepat,” paparnya.

Dinoyo Research Center difungsikan untuk tempat latihan saja. Sementara, data pelanggan Jagoan Hosting sudah aman di server Jakarta dan Singapore. Hal ini sudah sesuai dengan standar ISO 27001 yang dimiliki Jagoan Hosting sejak tahun 2017.

Hal ini sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga keamanan data yang menjadi perhatian serius bagi Jagoan Hosting sebagai penyedia jasa hosting yang terpercaya di Indonesia.

“Jagoan Hosting secara berkala juga melakukan pentest (penetration testing) untuk mengelola celah keamanan pada system. Selain itu pada ISO 27001 mengharuskan data tersimpan itu dienkripsi sehingga data yang diambil tidak mudah dibaca, harus melakukan proses enkripsi dulu,” jelas Andy.

Jagoan Hosting juga menerapkan ISO 9001 terkait manajemen mutu, yang fokus untuk menghasilkan produk unggulan dan pelayanan yang memuaskan. Salah satu produk andalan mereka yakni Dedicated Hosting, yang menyediakan layanan khusus bagi pelanggan prioritas. Di antaranya, layanan Customer Service (CS) khusus yang akan dibuatkan grup bersama dengan pelanggan, yang aktif dalam 24/7.

“Menjamin produk atau jasa yang dihasilkan suatu perusahaan memenuhi persyaratan yang ditetapkan badan standar dunia. Contohnya proses delivery layanan, pelayanan after sales hingga pelayanan saat ada force majeure. Tujuannya adalah untuk menjamin kualitas dari produknya,” urainya.

Pencapaian Jagian Hosting ini mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Eko Sri Yuliadi. Menurutnya, ini sangat luar biasa dan patut diapresiasi.

“Anak muda Kota Malang memang kreatif, inovatif dan selalu menelorkan karya-karya yang luar biasa. Termasuk anak-anak muda di Jagoan Hosting ini. Kami sangat mendukung dan kami berharap teruslah untuk berkarya,” ucap Eko saat dihubungi via ponselnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content