Berita

Kemeriahan Warna Warni Nyadran Kali Brantas

Klojen (malangkota.go.id) – Turut memeriahkan Hari Sungai Nasional 2024 yang diperingati setiap tanggal 27 Juli, Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (Forkom Pokdarwis) Kampung Tematik Kota Malang menyelenggarakan Festival Kali Brantas #3. Salah rangkaian dalam festival ini adalah Warna Warni Nyadran Kali Brantas yang digelar di Kampung Warna Warni Jodipan Kota Malang, Minggu (28/7/2024).

Di hari yang sama juga dilaksanakan acara serupa, yakni Arema Kampungku Bersih Kaliku di Kampung Biru Arema dan Tridi Memetri Kali Brantas di Kampung Tridi Ksatrian. Tak ayal tiga rangkaian acara di kampung tematik yang jaraknya berdekatan ini mengundang perhatian wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Berbagai pertunjukan kesenian dan tradisi dengan apik disuguhkan dalam acara Warna Warni Nyadran Kali Brantas, antara lain Arak-Arakan Jaranan Kali Brantas, Flashmob Jaranan Kali Brantas, Nyadran Kali Brantas, Nyuluh Kali Brantas, serta ada Bazar UMKM Warna Warni Kali Brantas.

Ketua RW Kampung Warna Warni Soni Parin mengungkapkan denyut nadi pariwisata ke Kota Malang, termasuk Kampung Warna Warni kini berangsur pulih. Disebutkannya bahwa wisatawan yang berkunjung saat ini tak hanya dari warga lokal saja, tapi dari luar daerah dan bahkan tak sedikit wisatawan mancanegara yang datang.

“Banyaknya event yang digelar di Kampung Warna Warni ini juga turut mendongkrak kunjungan wisata. Ini harus terus dijaga, karena sangat berimbas pada denyut nadi perekonomian warga,” tutur Soni.

Sementara itu salah satu pengunjung, Bionita mengaku senang datang ke Kampung Warna Warni dan dapat melihat rangkaian acara yang menampilkan kesenian dan kebudayaan lokal. “Tak hanya orang tua saja yang tampil, tapi anak-anak juga banyak yang ikut dan antusias menampilkan kesenian tradisional,” ucapnya antusias.

Selain berkunjung ke Kampung Warna Warni, Bionita mengaku juga akan berjalan-jalan ke kawasan Kayutangan yang kini menjadi daya tarik wisata heritage. “Nanti malam saya ke Kayutangan, setelah itu saya akan lanjut ke Bromo,” ucapnya. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content