Klojen (malangkota.go.id) – Kemeriahan dan kemegahan Malang Flower Carnival (MFC) 2024 menyapa warga Kota Malang. Berbeda dari penyelenggaraan tahun sebelumnya, salah satu karnaval kostum bunga terbesar di Indonesia kali ini digelar mulai dari halaman Balai Kota Malang hingga sepanjang Jalan Kartanegara, Minggu (25/8/2024).

Penampilan Malang Flower Carnival (MFC) 2024

Founder Malang Flower Carnival Agus Sunandar menyebutkan, di tahun 2024 ini MFC mengangkat tema ‘The Magnificent of Arema’. Pemilihan tema tersebut adalah representasi dari semangat warga Kota Malang yang menurutnya sangat luar biasa. Ia menambahkan, semangat tersebut telah menjadi jati diri bagi warga Kota Malang sendiri di berbagai aspek.

“Arema kan juga kepanjangan dari Arek Malang. Itu adalah semangat yang sangat besar sekali sebagai orang Malang, yang berkaitan dengan masalah budaya, sosial yang sangat kental sekali, khususnya Arema sebagai klub bola Kota Malang itu juga menggambarkan semangat. Itu sangat melekat di jiwa orang Kota Malang. Inilah yang ingin kita angkat, terlebih kepada nilai-nilai semangat juang yang sangat bagus,” ujarnya.

Agus meyebutkan, perjalanan penyelenggaraan MFC 2024 bukanlah hal yang instan, dan telah berlangsung sejak awal tahun tahun. Dimulai dengan sosialisasi penyelenggaran, workshop untuk mencari tema yang sesuai, kemudian sosialisasi ke komunitas, launching, lomba modelling dan acara intinya grand show MFC itu sendiri. Tidak hanya diikuti oleh warga Kota Malang, MFC 2024 juga turut dimeriahkan oleh peserta dari luar kota, mulai dari Pasuruan, Blitar, hingga Bali.

Antusiasme yang luar biasa pada penyelenggaraan event ini jelas Agus menjadi bukti bahwa Kota Malang memiliki potensi yang luar biasa dalam perkembangan fesyen, khususnya di Indonesia. Menurutnya, Kota Malang yang ditopang oleh berbagai sektor, menjadi salah satu titik pengembangan fesyen di Indonesia.

“Kita tau beberapa ekosistem begitu berkembang di Kota Malang, mulai dari pelakunya, industrinya mulai dari UMKM sampai yang besar, kemudian pendidikannya mulai dari SMK sampai perguruan tinggi ada jurusan fesyen, termasuk asosiasi profesionalnya juga ada. Maka dari itu saya percaya potensinya luar biasa. Saya percaya ke depan Malang bisa menjadi pusat fesyen di Indonesia,” tuturnya lagi.

Sementara itu, Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang, Iwan Kurniawan ST, MM yang hadir membuka MFC 2024 menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya event MFC 2024. Iwan pada kesempatan ini juga tampil dalam defile kostum bersama Pj. Ketua TP PKK Kota Malang Septiana Iwan Kurniawan beserta jajaran Forkopimda dan menyapa masyarakat di sepanjang rute karnaval.

“Terima kasih untuk semua stakeholder yang telah menyelenggarakan MFC dengan tema the Magnificent of Arema ini. Luar biasa tanggapan dan antusiasme dari masyarakat yang menyaksikan event ini. Tahun ini sudah yang keempat belas kali dilakukan, dan tadi kita lihat animo dari masyarakat yang menginginkan diadakannya event ini juga besar,” ungkapnya.

Iwan mengatakan dengan besarnya antusiasme dari masyarakat terkait penyelenggaran event ini, dirinya berharap MFC akan terus berlangsung dan menjadi agenda tahunan yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Menurutnya, penyelenggaran MFC dapat memberikan multiplier effect bagi Kota Malang, khususnya pada pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu, sebagai wujud layanan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam rangka memberikan hiburan sekaligus meningkatkan sektor pariwisata di Kota Malang, dirinya berkomitmen memberikan dukungannya.

“Ini sebagai wujud pemerintah memberikan layanan dalam rangka HUT ke-79 RI, dengan suasana yang penuh kegembiraan. Khusus bagi kami, Forkopimda, ajang ini juga merupakan wujud kekompakan kami, harapannya kekompakan ini juga terus terpupuk dalam proses kami membangun Kota Malang,” pungkasnya. (iu/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content