Berita

Majukan UMKM, Sinergi Sektor Swasta dan Pembuat Kebijakan Sangat Diperlukan

Blimbing (malangkota.go.id) – Harian Kompas menggelar bincang bertajuk ‘Sinergi Sektor Swasta dan Pembuat Kebijakan Dalam Pembinaan UMKM’ di Hotel Santika Malang, Selasa (10/10).

Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji saat menghadiri Bincang Kompas di Hotel Santika

Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji hadir membuka kegiatan. Dalam sambutannya, ia menyampaikan melalui kegiatan ini bisa semakin dikonkretkan langkah untuk bersama membina dan memajukan usaha mikro, kecil dan menengah.

Wawali Sutiaji juga sangat menyambut baik kegiatan yang digagas oleh Harian Kompas bersama PT HM Sampoerna ini. Menurutnya kegiatan ini sangat bagus untuk memupuk semangat UMKM di Kota  Malang untuk bisa meraih kesuksesan.

Dalam bincang ini juga menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Malang Dra. Tri Widyani Pangestuti, M.Si, Vicky Arief Herinadharma dari Malang Creative Fusion, Mahfud Syah dari PT HM Sampoerna, dan Ibu Karyani (pelaku UMKM).

Kepala Biro Harian Kompas Jatim, Agnes Swetta Pandia, mengungkapkan kebiasaan selama ini apalagi saat mendekati pemilihan kepala daerah, UMKM ibaratnya gadis yang sedang seksi-seksinya. Banyak pihak tertarik mendekati dan meminang namun setelah acara berlangsung UMKM sering terlupakan.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa membantu menyinergikan sektor swasta dan pembuat kebijakan dalam pembinaan UMKM, khususnya di wilayah Jawa Timur,” harap Agnes, Selasa (10/10).

Agnes menambahkan, situasi ekonomi Indonesia mengharuskan semakin banyak usaha kecil untuk bisa menggerakan ekonomi di sektor riil, sehingga perlu kolaborasi semua sektor guna menghidupkan gairah usaha kecil guna menghidupkan ekonomi pada daerah.

Adapun obyek diskusi adalah bagaimana menciptakan diskusi yang menggambarkan sinergi yang saling menguntungkan antara masyarakat, pembuat kebijakan dan sektor swasta, khususnya dalam hal mengembangkan ekonomi lewat usaha kecil dan menengah.

Membangun pemahaman pada sektor swasta juga bisa memberikan kontribusi yang sangat penting dalam mencapai sukses mitra UKM, khususnya dalam format kemitraan yang saling menguntungkan.

Juga pengenalan program program strategis serta fasilitas pendukung yang dimiliki PT HM Sampoerna Tbk, khususnya dalam aspek pengembangan UKM. Memberikan pemahaman lewat kisah sukses langsung dari pelaku yang telah mengikuti program kemitraan dan mampu memanfaatkan agar bisa meraih sukses dalam UKM yang dirintis.

Dan juga membangun relasi yang lebih bagus kuat dengan pemangku kepentingan khususnya di Kota Malang guna mendukung kesuksesan berbagai program. Dalam waktu dekat ini PT HM Sampoerna akan menggelar ekspo pada tanggal 14 Oktober sampai 15 Oktober 2017. (cah/yon)

Baca juga dalam : Berita
Kamis, 19 Oktober 2017 5:00 WIB

Wali Kota Malang Buka Lima Futsal National 2017