Artikel

Koperasi Zaman Now Harus Akrab Dengan IT

Blimbing (malangkota.go.id) – Koperasi yang memiliki daya saing menjadi tujuan dari Rapat Koordinasi Fasilitasi Peningkatan Kemitraan Usaha Bagi Koperasi dan UKM yang digelar oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Jawa Timur di Hotel Savana Kota Malang, Kamis (7/12). Pada kesempatan yang sama juga digelar Kongres Asosiasi Koperasi Ritel Indonesia (Akrindo) III.

Rapat Koordinasi Fasilitasi Peningkatan Kemitraan Usaha Bagi Koperasi dan UKM di Hotel Savana Kota Malang

Kepala Dinas Koperasi, UKM Provinsi Jatim Dr. Mas Purnomo Hadi, MM mengungkapkan koperasi di Jatim punya komitmen kuat untuk terus maju dan  tetap eksis di tengah ketatnya persaingan saat ini.

“Persaingan saat ini begitu ketat. Saya hanya akan mengutamakan orang-orang yang mau bekerja agar koperasi bisa terus maju,” ucap Purnomo, Kamis (7/12).

Dijelaskannya, saat ini koperasi tidak bisa hanya berjalan begitu saja, tetapi harus banyak melakukan inovasi-inovasi. Koperasi saat ini harus mengandalkan berbagai sarana yang ada untuk bisa bersaing di tingkat global.

“Koperasi zaman now harus menggunakan IT untuk bisa bersaing. Tanpa IT sulit bagi koperasi untuk maju dan berkembang,” tambahnya.

Perlu ada langkah-langkah strategis seperti pembuatan holding sebagaimana koperasi-koperasi di negara maju. Kerjasama dengan seluruh pihak dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk bersama-sama memajukan koperasi.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Ir. I Wayan Dipta, Msc mengatakan saat ini koperasi sangat penting melakukan tiga hal. Pertama adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, kedua adalah teknologi dan inovasi, serta ketiga bagaimana membangun iklim koperasi yang kondusif.

“Ke depan membangun perekonomian tidak mungkin meninggalkan koperasi dan UKM, karena itu saat ini berbagai terobosan harus dilakukan,” kata Wayan.

Dari kenyataan itu perlu dilakukan usaha bersama untuk bisa membangun koperasi secara sistematis dan berkesinambungan sehingga mampu bersaing dan menjawab tantangan zaman. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content