Berita

Inep Apresiasi Malang Potenda Expo

Setiap daerah tentu mempunyai potensi yang bisa diunggulkan, dengan banyaknya potensi tersebut nantinya akan semakin meningkatkan dan memajukan daerah tersebut. Seperti halnya dengan mengadakan dan atau mengikuti sebuah event berupa pameran.

Walikota Malang saat mengunjungi stan-stan pameran
Walikota Malang saat mengunjungi stan-stan pameran

Hal itulah yang disampaikan oleh Walikota Malang, Drs. Peni Suparto, M.AP pada pembukaan acara pameran perdagangan, kerajinan dan seni budaya daerah di Malang Olympic Garden (MOG), Rabu (05/12). Pameran seperti ini, ujar pria yang kerap disapa Inep itu, mempunyai banyak arti penting.

Meski kelihatannya sederhana, terang walikota, ada simbiosis mutualisme antar daerah pada gelaran seperti ini. “Suatu daerah dapat belajar ke daerah lain atau saling bertukar ilmu pengetahuan, sehingga nantinya terjalin kerjasama yang baik serta produk yang mempunyai daya saing tinggi. Dengan demikian, nantinya produk tersebut mampu bersaing di kompetisi persaingan bisnis yang semakin tinggi,” imbuhnya.

Di luar negeri, terang Inep, selalu dilanda krisis ekonomi, dan Indonesia melalui gubernur menginstruksikan agar potensi daerah terus dikembangkan agar dampak krisis tidak terlalu berimbas, khususnya di Kota Malang. Karena dengan mengembangkan UKM, akan membantu perekonomian masyarakat. “Jika UKM kita kuat, maka akan menjadi pondasi yang kuat bagi perekonomian masyarakat, terutama untuk golongan menengah,” sambungnya.

Lebih lanjut Inep mengatakan, imbas krisis ini juga terasa, seperti halnya mebeler dan pabrik rokok yang terkena dampak regulasi baru dan krisis global tersebut tidak sedkit yang gulung tikar. “Hal ini tidak bisa dibiarkan terjadi dalam waktu lama, karena akan sangat berdampak fatal pada perekonomian masyarakat,” paparnya.

Dengan adanya pameran seperti ini, pihaknya berharap bisa meningkatkan daya saing tiap daerah, dan salah satunya adalah dengan membandingkan tiap produk dari masing-masing daerah. “Semoga dengan acara ini dapat membawa dampak positif bagi daerah, baik di tingkat lokal, nasional dan bahkan internasional,” pungkas Inep. (say/dmb)

You may also like

Skip to content