Berita

Kota Malang Harus Bisa Terbaik

Memastikan Kota Malang bisa meraih sukses sebagai tuan rumah lomba posyandu (pos pelayanan terpadu) tingkat nasional tahun 2014 nanti, berbagai persiapan telah dilakukan oleh Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kota Malang. Salah satunya dengan menggelar rapat koordinasi kelompok kerja operasional pembinaan pos pelayanan terpadu (Pokjanal Posyandu) di Gedung BKBPM, Rabu (3/12).

Peserta rakor Pokjanal dan persiapan lomba posyandu nasional, Rabu (3/12)
Peserta rakor Pokjanal dan persiapan lomba posyandu nasional, Rabu (3/12)

Kepala BKBPM Kota Malang Dra. Eny Hari Sutiarni, MM mengungkapkan, kegiatan kali ini, pertama dimaksudkan untuk pembentunkan Pokjanal Posyandu. Kedua adalah persiapan Kota Malang untuk menyambut lomba posyandu tingkat nasional yang akan dilangsungkan sekitar bulan Januari 2014 yang akan datang.

“Agar sebagai tuan rumah, Kota Malang bisa meraih hasil terbaik pada lomba tingkat nasional. Tanggal 12 Desember nanti akan dilakukan gladi bersih di Posyandu Alpukat, Kelurahan Tanjungrejo,” jelas Eny, Rabu (3/12).

Eny mengungkapkan, untuk pokjanal sendiri, dibentuk dengan berbagai pertimbangan, di antaranya terkait dengan Surat Keputusan Wali Kota Malang Nomor 357 tanggal 18 september 2013. Juga Peraturan Menteri Dalam Negeri no. 54 tahun 2007 tentang Pembentukan Pokjanal Sebagai Pusat Pembinaan Posyandu.

Posyandu, sebagaimana diketahui bersama, merupakan salah satu bentuk upaya yang bersumber dari masyarakat, yang dikelola dari oleh masyarakat, bersama masyarakat dalam pembangunan kesehatan. Tujuannya adalah untuk pemberdayaan masyarakat dalam pelayanan kesehatan dan untuk menekan terjadinya angka kematian ibu dan bayi.

Adanya pokjanal diharapkan bisa menyinergikan berbagai layanan yang dibutuhkan masyarakat meliputi perbaikan kesehatan, gizi, pendidikan dan perkembangan anak. Juga peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan, keluarga dan kesejahteraan sosial.

Pokjanal Posyandu merupakan kelompok kerja operasional posyandu yang memiliki tugas dan fungsi saling keterkaitan. Yaitu dalam pengelolaan posyandu yang berkedudukan di pusat, provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, Dewi Farida Suryani mengaku senang Kota Malang mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah lomba posyandu tingkat nasional. Kepercayaan ini tidak boleh disia-siakan. Karena itu, Kota Malang harus bersiap sebaik mungkin untuk bisa meraih hasil terbaik.

“Dari Jatim, yang melaju ke tingkat nasioanal adalah dari Kabupaten Ngawi, Kami mendukung penuh kegiatan ini. Kota Malang harus membuktikan bisa menjadi yang terbaik,” terang Farida. (cah/dmb)

You may also like

Skip to content