Berita

Festival ASIFA Puaskan Anak-anak

Kegiatan Akademi Aji Santoso International Football Academy (ASIFA) menggelar festival sepakbola anak-anak di Lapangan Mojolangu Kota Malang mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Baik siswa maupun orang tua anak-anak sekolah sepakbola se-Jatim begitu bersemangat mengikuti kegiatan, Minggu (29/12).

Anak-anak saat tampil dalam festival Asifa, Minggu (29/12)
Anak-anak saat tampil dalam festival Asifa, Minggu (29/12)

Terlebih selain bertanding, dalam festival ini anak-anak diajak untuk sebaik mungkin menguasai teknik-teknik dasar sepakbola di bawah instruktur yang berpengalaman. Anak-anak nampak tidak canggung melakukan tendangan, kontrol maupun menggiring bola.

Festival semakin meriah saat pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri ikut hadir memberikan coaching clinic. Ini masih ditambah dengan kehadiran dua pemain Timnas Evan Dimas dan Syaiful Hadi Ning.

Direktur Asifa Nuzul Kifly mengungkapkan sengaja menggelar festival ini untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap sepakbola sejak dini. Sengaja festival ini dibuat tak ubahnya pembinaan di luar negeri agar bisa menjadi pembelajaran yang bagus bagi pembinaan sepakbola di Indonesia.

“Kami sengaja mendatangkan pelatih Timnas U-19 untuk membuat festival semakin menarik, berisi dan banyak ilmu yang bisa ditularkan. Kami senang bisa menggelar kegiatan seperti ini,” jelas Zulkifly, panggilan akrab Nuzul Kifly, Minggu (29/12).

Zulkifly menyebutkan kegiatan seperti ini adalah sesuai dengan aturan yang dubuat oleh FIFA untuk pembinaan sepakbola anak-anak usia dini. Tujuannya adalah untuk mendidik anak-anak usia dini bagaimana cara sepakbola yang benar, berani mengelurkan segala kemampuan yang dimiliki.

“Kami senang bisa menggelar kegiatan ini yang merupakan pionir di Indonesia. Ke depan, kami akan menggelar lagi setahun sekali,” terang Zulkifly.

Kegiatan festival sepakbola ASIFA ini disebutkan Zulkifly diikuti sebanyak 26 SSB (sekolah sepak bola) yang berasal dari berbagai daerah di Jatim. Kegiatan diikuti anak-anak usia 11 tahun.

Selain pelatih Timnas, Indra Sjafri, asisten Eko Purjiarto kegiatan ini juga melibatkan para instruktur yang berpengalaman. Di antaranya I Putu Gede, Rudi Hariantoko, Amin Zakaria, Joko Kuspito. (cah/dmb)

You may also like

Skip to content