Berita

Antre di Dispendukcapil Makin Nyaman

Meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang terus melakukan berbagai terobosan. Di antara terobosan yang kini dilakukan pada akhir tahun adalah dengan mendatangkan mesin antrean di Kantor Pelayanan terpadu, Senin (30/12).

Mesin antrian di Dispendukcapil
Mesin antrian di Dispendukcapil

Adanya mesin antrean ini warga Kota Malang serasa berada di bank ataupun hotel saat mengurus administrasi kependudukan maupun pencatatan sipil, sehingga tidak perlu berjubel. Tinggal mengambil karcis antrean warga bisa menunggu giliran dengan duduk santai di depan loket.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Dispendukcapil Kota Malang M. Sulthon mengungkapkan adanya mesin antrean di perusahaan atau bank sesuatu yang biasa, tetapi untuk di pemerintahan Kota Malang, adalah yang pertama di Indonesia. Adanya mesin antrean ini memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai pengurusan di Dispendukcapil.

“Saat ini mesin antrean masih di dispendukcapil dahulu, ke depan kami akan uji cobakan lagi di Kecamatan Sukun, Klojen dan Lowokwaru,” ujar Sulthon, Senin (30/12).

Sulthon menyebutkan tidak hanya sekedar mesin antrean, data di dispendukcapil saat ini sudah terintregasi dengan mesin. Sehingga butuh data apa saja terkait kependudukan tinggal klik akan segera diketahui.

Ke depan, data ini tidak hanya terintregasi di dispendukcapil tetapi juga di kecamatan-kecamatan yang ada di Kota Malang. Sehingga saat masyarakat ingin mengurus berbagai keperluan seperti pembuatan akte, KTP, dan lain sebagainya bisa melihat dari handphone masing-masing, bagaimana antrean di dispendukcapil dan kecamatan.

“Dengan sudah tahu lebih dahulu dari HP bagaimana antrean di dispendukcapil dan kecamatan, masyarakat bisa lebih mudah mengatur waktu untuk ke dispendukcapil atau kecamatan agar tidak antre panjang,” terang Sulthon.

Tidak hanya mesin antrean saja yang saat ini sudah dilengkapi di dispendukcapil, saat ini di dispendukcapil juga sudah dilengkapi dengan mesin pengeras suara. Sehingga kalau selama ini petugas loket dispendukcapil selalu berteriak untuk memanggil warga yang antre, saat ini tidak terjadi lagi. Panggilan otomatis akan terdengar dari loudspeaker yang tersedia. (cah/dmb)

You may also like

Skip to content