Berita

Keripik Buah Dusun Genting Tembus Bali Hingga Kalimantan

Kekayaan kuliner Kota Malang khususnya produk olahan keripik sangat luar biasa, tidak hanya di pusat kota seperti di kawasan Sanan yang terkenal dengan keripik tempe. Di ujung barat Kota Malang tepatnya di wilayah Dusun Genting, Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang juga memiliki produk olahan keripik buah yang menjadi andalan, Minggu (01/03).

kripik-buah-tembus-bali-kalimantan

Tidak kalah kualitas dengan keripik lain, keripik buah produksi Dusun Genting sudah dijual ke berbagai daerah di Indonesia. Keripik yang dilabeli ‘Keripik Berkah’ ini sudah merambah Bali dan Kalimantan.

Pemilik usaha keripik berkah M. Effendi mengungkapkan usaha keripik ini sudah dimulainya sejak tahun 2003 lalu. Awalnya hanya kecil-kecilan dengan hanya melibatkan keluarga mulai dari pembuatan keripik hingga pemasaran.

“Seiring berjalan waktu, permintaan keripik menjadi bertambah dan akhirnya usaha pun berkembang seperti sekarang dengan memiliki lima karyawan di bagian pengupasan, dua di bagian packing (pengemasan), dan penggorengan tetap ditangani sendiri,” jelas Effendi, Minggu (01/03).

Effendi mengatakan saat ini untuk pemasaran keripik sudah tidak ada masalah, karena selain di Kota Malang sendiri, keripik produksinya juga sudah dipasarkan ke Bandung, Bali, hingga Kalimantan.

Keripik buah yang diproduksi adalah keripik nangka, apel, salak, dan ubi ungu. “Pengalaman selama ini, kesulitan justru saat buah langka. Itu biasanya disiasati dengan mencari hingga luar Kota Malang,” tegas Effendi.

Untuk bisa membuat usaha, tambahnya, yang penting harus ada tekad yang kuat. Sambil usaha berjalan bisa belajar bagaimana mengembangkan usaha sehingga bisa bersaing di tengah ketatnya pasar. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content