Berita

Wali Kota Malang: Pembangunan Tidak Cukup Mengandalkan APBD-APBN

Rapat Koordinasi (Rakor) Komisariat Wilayah (Komwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-11 Tahun 2015 yang dihelat di Hotel Atria Malang benar-benar dimanfaatkan oleh Wali Kota Malang H. Moch. Anton untuk mempromosikan kota yang dipimpinnya.

    Wali Kota Malang H. Moch. Anton memaparkan prestasi-prestasi yang telah diraih Kota Malang kepada para anggota Apeksi Komwil IV di Hotel Atria Malang, Senin (27/4)
Wali Kota Malang H. Moch. Anton memaparkan prestasi-prestasi yang telah diraih Kota Malang kepada para anggota Apeksi Komwil IV di Hotel Atria Malang, Senin (27/4)

Termasuk diantaranya adalah kesuksesan Kota Malang dalam menggandeng perusahaan-perusahaan swasta melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Bank Sampah Malang (BSM), Senin (27/4).

Menurut pria yang akrab disapa Abah Anton itu, untuk membangun sebuah kota tidak cukup hanya mengandalkan dana dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah_red) atau APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara_red) saja. Tetapi penting sekali untuk melibatkan perusahaan swasta melalui program CSR-nya.

“Kota Malang tahun ini banyak sekali pembangunannya dibantu CSR. Mulai dari pembangunan taman-taman kota, sampai dengan bantuan bus sekolah,” jelas Abah Anton, Senin (27/4).

Tidak hanya itu, karena saat ini Pemerintah Kota Malang semakin dipercaya oleh perusahaan-perusahaan swasta, akan semakin banyak pembangunan di Kota Malang yang akan dibantu dan didanai melalui program CSR. Diantaranya adalah pembangunan Taman Merjosari dan juga Stadion Gajayana yang kini masih dalam tahap penjajakan.

Dalam kesempatan ini Abah Anton juga mempresentasikan kesuksesan Kota Malang dalam mengelola sampah melalui BSM yang akhirnya bisa membawa Kota Malang menjadi percontohan di tingkat nasional serta menjadi wakil Indonesia untuk maju ke level internasional.

Ketua Pelaksana Rakor Apeksi Komwil IV, Ir. Cipto Wiyono, M.Si mengaku senang rangkaian kegiatan Apeksi Komwil IV di Kota Malang bisa berlangsung sukses. Dari kegiatan ini banyak diperoleh berbagai rekomendasi dari peserta Apeksi untuk dibawa ke forum Apeksi tingkat nasional yang akan berlangsung 5 Mei 2015 yang akan datang di Kota Ambon. “Kami berharap adanya kegiatan ini bisa semakin meningkatkan kerjasama segenap anggota Apeksi untuk bersama-sama memajukan daerahnya,” terang Cipto.

Selama di Kota Malang sendiri, sebagai rangkaian acara Apeksi Komwil IV Tahun 2015 dan HUT ke-101 Kota Malang digelar berbagai kegiatan mulai dari pagelaran wayang kulit, gelar produk UMKM Kota Malang 2015, Kampanye Gemar Makan Ikan, pameran produk unggulan daerah Apeksi 2015, kirab budaya, welcome party , serta Rakor Apeksi Komwil IV.

Dengan suksesnya Kota Malang menggelar rangkaian kegiatan forum Apeksi Komwil IV Tahun 2015, diharapkan ke depannya pelaksanaan forum Apeksi Komwil IV Tahun 2016 yang sedianya akan digelar di Kota Denpasar bisa berjalan lebih baik dan lebih bagus lagi. (cah/yon)

You may also like

Skip to content