Berita Lansia

Karang Werda Ari Murti Berpeluang Menang di Lomba Pemprov Jatim

Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Dinas Sosial (Dinsos) melaksanakan penilaian lapangan Karang Werda Berprestasi tahun 2022 di Kantor Kelurahan Kebonsari, Kota Malang, Selasa (19/4/2022).

Dewan juri Karang Werda Berprestasi Tahun 2022 mengunjungi Karang Werda Ari Murti Kelurahan Kebonsari, Kota Malang

Sesuai Peraturan Gubernur Nomor 31 Tahun 2017, kegiatan ini merupakan upaya mendorong serta meningkatkan aktivitas masyarakat lanjut usia. Sehingga semakin mampu untuk mengembangkan diri dalam meningkatkan kesejahteraan sosial.

“Fungsi pemerintah yang pertama adalah regulator, yang kedua pelayanan publik, yang ketiga pemberdayaan. Lahirnya karang werda lanjut usia ini menjadi bagian dari fungsi yang ketiga yaitu pemberdayaan,” ujar Dr. Edi Purwinarto, M.Si selaku Ketua Pelakasana Harian Komda Lansia Jawa Timur.

Menurutnya, lembaga ini terdiri dari, oleh, untuk masyarakat. Sehingga dengan adanya penilaian lapangan secara langsung bisa terlihat, apakah kegiatan-kegiatan yang ada di kelurahan bisa menghasilkan produk yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya Karang Werda Ari Murti Kelurahan Kebonsari, Kota Malang telah memaparkan presentasi di Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur dan berhasil lolos menjadi tiga besar dalam lomba Karang Werda Berprestasi se-Jawa Timur. Penilaian selanjutnya adalah peninjauan lapangan.

Tim penilai yang terdiri dari Ketua Pelaksana Harian Komda Lansia Jatim, Ketua I BKKKS Jatim, Analis Masalah Sosial Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Jatim dan Analis Kesehatan Dinas Kesehatan Prov Jatim meninjau secara langsung tujuh titik sebagai penilaian yaitu ruang karang werda, taman lansia, posyandu lansia, rumah kreatif, PAUD Permata Kasih, kesekretariatan dan administratif.

Dalam kesempatan ini, lansia Karang Werda Ari Murti mengenalkan berbagai program kerja dan hasil produk dari pembinaan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Malang melalui Kelurahan Kebonsari. Dalam kegiatan ini yang menjadi aspek penilaian adalah administratif, produktivitas dan kemandirian.

Lurah Kebonsari Kota Malang Nyoto, S.STP., M.Si berharap dengan adanya kegiatan ini, lansia di Kelurahan Kebonsari bisa terus semangat untuk menggembangkan diri dan kapasitas kelembagaan.

“Dengan pengalaman seperti ini tentunya ada kekurangan-kekurangan yang nantinya akan diperbaiki dalam waktu ke depan. Sehingga kapasitas lansia Kelurahan Kebonsari meningkat. Tujuan utama dalam pembinaan lansia ini adalah lansia yang aktif, sehat, produktif dan mandiri,” pungkasnya. (vin/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content