Berita

Kota Malang Siap Raih Penghargaan Kota Sehat 2015

Dari 147 kabupaten/kota di Indonesia, Kota Malang adalah salah satu kandidat dalam Lomba Kota Sehat Tingkat Nasional Tahun 2015. Terkait hal tersebut, tim juri dari Kementerian Kesehatan RI melakukan verifikasi ke Kota Pendidikan ini, Kamis (20/8).

Wali Kota Malang H. Moch. Anton mengatakan jika Kota Malang sudah masuk kriteria Kota Sehat, Kamis (20/8)
Wali Kota Malang H. Moch. Anton mengatakan jika Kota Malang sudah masuk kriteria Kota Sehat, Kamis (20/8)

Ketua tim verifikasi, Prayit Susilo Aji mengatakan jika Kota Malang adalah kota yang berbeda dengan kota lain, dan mempunyai keindahan yang luar biasa. “Saya senang berada di kota (Malang) ini,” ujarnya saat rombongan timnya diterima di Ruang Sidang Balai Kota Malang.

“Kami melakukan bedah dokumen dan memverifikasi ke lapangan setelah Kota Malang mengajukan proposal Lomba Kota Sehat beberapa waktu lalu. Kami mencocokkan kesesuaian dokumen dengan kondisi di lapangan, sekaligus untuk memberikan penilaian nantinya,” imbuh Prayit, Kamis (20/8).

Pada bulan September hingga Oktober, kata dia, pihaknya akan melakukan rapat untuk menentukan kabupaten/kota mana saja yang akan lolos dan memperoleh penghargaan Kota Sehat 2015. “Pengumuman lomba ini akan diumumkan pada bulan November. Nantinya Menteri Kesehatan atau Presiden akan mengundang serta menyerahkan penghargaan pada Hari Kesehatan Nasional (HKN),” sambung Prayit.

Wali Kota Malang H. Moch. Anton menyampaikan jika Kota Malang sudah memenuhi berbagai kriteria untuk menjadi Kota Sehat. “Dengan adanya taman-taman kota yang indah, perkampungan bersih, dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan tetap sehat, saya kira sudah sangat luar biasa,” ungkapnya.

Sementara itu, Harinoto selaku Ketua Forum Kota Sehat Kota Malang menyampaikan jika tidak ada persiapan khusus ketika diadakan Lomba Kota Sehat ini. “Yang terpenting adalah koordinasi semua SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah_red) dengan pihak terkait, serta dengan Wali Kota Malang. Itulah yang terpenting dan kami lakukan selama ini,” jelasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content