Berita

Disperta Gelar Diseminasi Pemeriksaan Antemortem dan Postmortem Hewan Kurban

Dinas Pertanian (Disperta) Kota Malang menggelar kegiatan Diseminasi Pemeriksaan Antemortem dan Postmortem Hewan Kurban Bagi Takmir Masjid dan Ibu PKK se-Kota Malang di Hotel Savana Malang, Rabu (16/9).

Kegiatan Diseminasi Pemeriksaan Antemortem dan Postmortem Hewan Kurban Bagi Takmir Masjid dan Ibu PKK se-Kota Malang, Rabu (16/9)
Kegiatan Diseminasi Pemeriksaan Antemortem dan Postmortem Hewan Kurban Bagi Takmir Masjid dan Ibu PKK se-Kota Malang, Rabu (16/9)

Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Kota Malang Ir. Hadi Santoso mengatakan kegiatan diseminasi ini diikuti sebanyak 110 peserta yang terdiri dari 95 takmir masjid dan 15 dari PKK. Kegiatan ini digelar untuk memberikan informasi dan pengetahuan bagaimana memilih dan juga menyembelih hewan kurban dengan baik.

Harapannya melalui kegiatan seperti ini masyarakat bisa semakin tahu bagaimana membedakan kualitas daging yang sehat atau sakit serta melalui kegiatan ini bisa menjadi ajang edukasi bagaimana memperlakukan hewan kurban sebelum disembelih.

“Beda penanganan saja hewan itu sudah beda kondisi, mulai hal-hal kecil bagaimana memberi makan, hingga menjaga kondisi hewan kurban diajarkan dalam kegiatan ini,” jelas Soni, panggilan akrab Ir. Hadi Santoso, Rabu (16/9).

Soni menambahkan, untuk kegiatan hari pertama di Hotel Savana ini lebih banyak pada teori, baru pada hari kedua para peserta diajak untuk praktik langsung menyembelih hewan kurban. Rencanya untuk praktik langsung ini dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang.

“Kalau saat ini masih takmir dan PKK yang diberikan sosialisasi, ke depan akan lebih banyak lagi, termasuk diantaranya penyedia jasa akikah, penyembelih ayam, maupun ternak yang lain,” tegas Soni.

Melalui upaya ini, Dinas Pertanian Kota Malang berharap bisa mendukung upaya Pemerintah Kota Malang untuk menyejahterakan masyarakat dan meningkatkan kesehatan melalui pemenuhan gizi yang baik, diantaranya dengan ketersediaan daging yang sehat, halal dan berkualitas. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content