Artikel

UB RiTech 2015, Pameran Penelitian Termutakhir

Mengenalkan berbagai macam hasil penelitian luar biasa karya mahasiswa, dosen, dan para peneliti, Universitas Brawijaya menggelar UB RiTech 2015. Dalam pameran dan pertemuan yang dilangsungkan di Gedung UB Sport Club House ini berbagai karya termutakhir ditunjukkan kepada publik, Rabu (21/10).

Pembukaan UB RiTech 2015, Rabu (21/10)
Pembukaan UB RiTech 2015, Rabu (21/10)

Ketua Lembaga Penelitian  dan Pengabdian Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM-UB), Prof. Dr. Ir. Woro Busono, MS mengungkapkan adanya kegiatan ini adalah untuk mengapresiasi banyaknya hasil penelitian di UB yang luar biasa. Jadi tidak sebatas hanya menjadi kajian di kampus semata, hasil penelitian tersebut dikenalkan kepada masyarakat yang diharapkan bisa semakin menambah manfaat di masyarakat.

“Ada sebanyak 70 hasil penelitian yang dipamerkan di tempat ini selama dua hari, semoga bisa semakin membawa banyak manfaat bagi masyarakat,” tegas Woro, Rabu (21/10).

Sementara itu, ketua pelaksana UB RiTech, Akhmad Sabarudin mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk menghilirisasi penelitian yang dilakukan mahasiswa di kampus UB. Pameran juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti diskusi antara mahasiswa dengan peneliti, pemerintah serta perusahaan.

“Adanya kegiatan ini diharapkan membuat penelitian tidak hanya sebatas buku laporan saja, tetapi penelitian harus bisa membawa manfaat bagi masyarakat,” kata Sabarudin.

Dalam kegiatan ini dipamerkan berbagai bidang penelitian, mulai dari bidang energi, ketahanan pangan, gizi, obat-obatan,  pemerintahan juga tentang kehutanan.

Beberapa karya yang luar biasa dipamerkan di UB RiTech 2015, diantaranya adalah penemuan tentang mesin penetas telur penyu, pendeteksi diabetes, pendeteksi borak dan bahan kimia, mesin kendaraan enam tak (langkah_red), dan lain sebagainya. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content