Berita

KASAU Resmikan Pembangunan Lapangan Tembak Lanud Abd. Saleh

Dalam kunjungan kerjanya ke Malang, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Agus Supriatna melakukan soft launching lapangan tembak yang ada di kawasan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh Malang, Kamis (28/1).

KASAU Marsekal TNI Agus Supriatna melakukan tembakan ke udara sebagai tanda pembangunan lapangan tembak, Kamis (28/1)
KASAU Marsekal TNI Agus Supriatna melakukan tembakan ke udara sebagai tanda pembangunan lapangan tembak, Kamis (28/1)

Adapun peletakan batu pertama lapangan tembak yang memiliki luasan sekitar 1,5 hektar ini dilakukan oleh Komandan Lanud Abdulrachman Saleh , Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, SE pada hari Sabtu (23/1) lalu.

Dalam peninjauan lapangan tembak ini, KASAU yang didampingi Danlanud Abdulrachman Saleh juga melihat site plan atau rencana pembangunannya. Menurutnya, lapangan tembak ini bertaraf internasional, sehingga selain bisa digunakan latihan bagi TNI AU, juga bisa dijadikan tempat penyelenggaraan berbagai kejuaraan.

“Selama tiga bulan ke depan, proses pembangunan bisa selesai. Dan enam bulan lagi dari sekarang, lapangan tembak dimungkinkan sudah bisa digunakan,” ujar Marsekal Agus, Kamis (28/1).

Selain area parkir dan ruangan VVIP yang representatif, lanjut petinggi TNI AU itu, di lapangan tembak ini juga akan ada tanggul yang memiliki lebar sepuluh meter dan tinggi tujuh meter dari tanah liat padat, sehingga peluru yang terlepas akan masuk ke dalam tanah.  “Dengan demikian, saat ada event atau latihan menembak dipastikan aman dan tidak ada peluru yang nyasar,” sambungnya.

Terkait lahan-lahan yang dimiliki TNI AU, menurutnya banyak yang bisa dikerjasamakan kepada pihak lain untuk pembangunan sarana olahraga maupun untuk pertanian dan peternakan. “Di lapangan tembak ini, prajurit TNI AU bisa menggelar latihan bersama, misalnya dengan Perbakin, sehingga nantinya akan semakin meningkatkan kemampuan TNI AU dalam menembak,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Abdulrachman Saleh, Mayor Sus Hamdi Londong Allo SS menyampaikan jika di lapangan tembak ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk mencetak atlet-atlet menembak yang ada di Jawa Timur.

“Berbagai fasilitas untuk kenyamanan dan keamanan di lapangan tembak ini akan dipenuhi secara bertahap serta sesuai dengan tingkat kebutuhannya. Semoga keberadaan lapangan tembak ini bisa membawa kebaikan bagi semua pihak,” harapnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content