Berita

Walikota Malang: Bandulan Expo Salah Satu Inovasi Kreatif Warga

Sukun, MC – Wali Kota Malang H. Moch. Anton membuka Bandulan Expo Center di Jl. Bandulan Gang 8 Kelurahan Bandulan, Kecamatan Sukun Kota Malang, Jumat (15/4). Ekspo yang digagas kelurahan ini merupakan yang pertama kali di Kota Malang dan diharapkan bisa menjadi contoh bagi wilayah lainnya untuk mengadakan event serupa.

Wali Kota Malang H. Moch. Anton memotong tumpeng pada pembukaan Bandulan Expo Center, Jumat (15/4)
Wali Kota Malang H. Moch. Anton memotong tumpeng pada pembukaan Bandulan Expo Center, Jumat (15/4)

Abah Anton, demikian sapaan akrab Wali Kota Malang, dalam sambutannya mengatakan jika selama ini banyak sekali ide-ide dan inovasi kreatif warga yang belum dapat di-eksplor secara maksimal. Lahirnya ekspo ini nantinya bisa membuat perekonomian kreatif bisa meningkat.

“Saya melihat Bandulan ini sangat luar biasa, pembangunannya juga berkembang berkat peran masyarakat yang sangat baik, dan salah satunya dengan menggelar ekspo semacam ini. Ke depan acara seperti ini harus ditingkatkan lagi,” kata Abah Anton.

Dalam rangka mendukung kemajuan ekonomi kreatif, Abah Anton menegaskan jika saat ini sudah ada Komite Ekonomi Kreatif yang nantinya mampu memberi gelontoran dana permodalan bagi masyarakat agar tidak lagi bergantung pada rentenir.

“Selain itu, Pemkot Malang juga serius memberi gelontoran dana melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang dipilih untuk membantu masyarakat,” imbuhnya.

Memang harapan kita, lanjutnya, warga bisa terlepas dari bank titil (rentenir) agar warga tidak terjerat tanggungan atau hutang yang dapat menyengsarakan. “Jika warga membutuhkan modal untuk usaha, saat ini sudah ada wadah yang tepat,” tegas politisi PKB itu.

Bandulan Expo Center diharapkan bisa mengilhami kelurahan lain agar bisa melakukan hal yang sama, sehingga selain adanya kebersamaan, pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat bisa semakin terealisasi dengan nyata.

“Ini bisa jadi percontohan, dan caranya adalah bagaimana mengumpulkan warga yang kreatif untuk bisa bersama-sama dengan masyarakat menjual produknya,” bebernya

Sementara itu, Lurah Bandulan sekaligus ketua panitia kegiatan, Gandung Topo Laksono, mengatakan jika Bandulan Expo Center ini dimulai tanggal 15 April sampai 17 April 2016 dan diikuti peserta yang memenuhi 58 stand yang ada.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemkot Malang dan Kodim, semoga semuanya bermanfaat bagi Kota Malang. Gelaran ini cukup apresiatif dan layak dikembangkan lebih lanjut,” kata Dandung

Dalam acara opening Bandulan Expo Center itu juga dihadiri Kapolres Malang Kota AKBP Decky Hendarsono dan juga Komandan Kodim 0833 serta beberapa camat dan lurah. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content