Berita

Juru Sembelih Hewan Praktik Langsung di RPH Sukun

Sukun, MC – Sebanyak 55 juru sembelih hewan di Kota Malang yang mengikuti pelatihan mempraktikkan cara menyembelih hewan agar mereka lebih menguasai teknik menyembelih hewan yang baik  dan benar. Kegiatan ini dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang, Kamis (21/4).

Praktik menyembelih dan menguliti hewan
Juru sembelih hewan di Kota Malang praktik menyembelih dan menguliti kambing

Dalam pelatihan yang menghadirkan langsung instruktur dari Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) dan Dinas Pertanian Kota Malang, peserta melakukan praktik langsung menyembelih kambing maupun ayam.

Sebelum dilakukan praktik langsung di lapangan, awalnya peserta terlebih dahulu diberi arahan cara yang benar mengasah pisau untuk menyembelih.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Malang drh. Anton Pramujiono mengungkapkan untuk bisa dinyatakan lulus menjadi juru sembelih hewan halal (Juleha) itu tidak mudah. Para peserta pelatihan harus benar-benar menguasai teknik menyembelih dengan benar dan berdoa dengan baik.

“Ada penilan terhadap masing-masing peserta, kalau memang tidak menguasai materi dengan baik, kemungkinan peserta pelatihan tidak lulus bisa saja terjadi,” kata Anton, Kamis (21/4).

Adanya fasilitas bagi para juru sembelih untuk mendapatkan sertifikat seperti yang dilakukan saat ini harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sehingga nanti ketika mereka turun di masyarakat, para Juleha yang sudah mengantongi sertifikat bisa menerapkan apa yang telah diperoleh dalam pelatihan dan melaksanakan tugas dengan baik. (cah/yon)

1 Comment
  1. Saiful Bachri 8 years ago
    Reply

    Bagaimana cara agar bisa ikut pelatihan Juleha? Nomer telp saya 081334535350

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content