Berita

Ketua PERWOSI Jatim: Senam Rekreasi Harus Memasyarakat

Klojen, MC – Dalam rangka HUT ke-102 Kota Malang dan Peringatan Hari Kartini, di Alun-alun Tugu Malang dilaksanakan Lomba Senam Rekreasi Jawa Timur, Lomba Cipta Menu dan Pameran Hasil Optimalisasi Pekarangan dan Olahan Pangan, Minggu (24/4).

Ketua PERWOSI Jatim dan Ketua PERWOSI Kota Malang saat meninjau pelaksanaan lomba, Minggu (24/4)
Ketua PERWOSI Jatim dan Ketua PERWOSI Kota Malang saat meninjau pelaksanaan lomba, Minggu (24/4)

Acara yang dibuka dan dihadiri oleh Ketua Pengurus Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) Jawa Timur Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf dan Ketua Pengurus PERWOSI Kota Malang Hj. Dewi Farida Suryani tersebut diawali dengan Senam Rekreasi PERWOSI Jawa Timur yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan stan pameran serta stan Lomba Cipta Menu.

Dalam sambutannya, Umi Farida, demikian Ketua PERWOSI Kota Malang itu biasa disapa, menyampaikan bahwa dengan adanya senam rekreasi ini diharapkan masyarakat Kota Malang semakin termotivasi untuk hidup sehat dan bugar. Terlebih lagi pada saat yang bersamaan ini juga dilaksanakan Lomba Cipta Menu yang menggunakan waluh sebagai bahan dasar olahan pengganti karbohidrat.

“Melalui gerakan hidup sehat dan mencintai pola hidup sehat dengan olahraga, serta pola makan yang sehat untuk Kota Malang Yang Bermartabat” imbuhnya kemudian.

Disisi lain, Hj. Fatma Saifullah Yusuf juga berpesan kepada PERWOSI Kota Malang agar terus menggerakkan masyarakat untuk cinta olahraga khususnya perempuan dan anak-anak. “PERWOSI Kota Malang juga saya beri tugas untuk terus mengenalkan Senam Rekreasi PERWOSI pada masyarakat Kota Malang dengan cara mengadakan senam bersama minimal satu kali setiap minggunya,” jelasnya.

“PERWOSI Jawa Timur saat ini memang sedang roadshow dalam rangka mengenalkan Senam Rekreasi PERWOSI ini, dan Kota Malang merupakan kota ke-11 di Jawa Timur yang melaksanakan kegiatan dimaksud,” terang Fatma.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Ketahanan Kota Malang Sri Winarni, SH, MM menyampaikan bahwa pelaksanaan Lomba Cipta Menu ini mengambil tema Waluh Sebagai Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi dengan tujuan agar masyarakat Kota Malang lebih paham jika waluh juga dapat digunakan sebagai altetnatif menu olahan masakan rumahan.

“Disamping itu, waluh juga merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah di Kota Malang, cuacanya sangat mendukung untuk tumbuhnya waluh dengan mudah” tuturnya.

Adapun daftar pemenang Lomba Cipta Menu adalah sebagai berikut:

Kategori Umum:

  • Juara I: Kel. Bunulrejo
  • Juara II: Kel. Merjosari
  • Juara III: Kel. Rampalcelaket

Kategori Kreativitas:

  • Olahan berbahan baku waluh: Kel. Arjowinangun
  • Menu makanan utama: Kel. Oro-oro dowo
  • Olahan makanan khas Kota Malang : Kel. Tasikmadu
  • Menu komersial: Kel. Arjosari
  • Olahan minuman bahan toga: Kel. Sawojajar

Sedangkan pada pameran optimalisasi hasil pekarangan, Kecamatan Blimbing meraih predikat dekorasi stan terbaik. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content