Berita

Jadikan Isra Mikraj Sebagai Wahana Evaluasi dan Introspeksi

Malang, MC – Peringatan Isra Mikraj 1437 Hijriyah yang dilaksanakan di Masjid Baiturracman Pangkalan TNI AU (Lanud) Abdulrachman Saleh Malang berlangsung dengan khidmat. Danlanud Abd. Saleh Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, SE turut hadir dalam acara ini, Rabu (11/5).

Pelaksanaan Isra Mikraj di Masjid Baiturracman Lanud Abd Saleh berlangsung dengan khidmat, Rabu (11/5)
Pelaksanaan Isra Mikraj di Masjid Baiturracman Lanud Abd Saleh berlangsung dengan khidmat, Rabu (11/5)

Pihak Lanud mendatangkan DR. KH. Zainur Roziqin untuk memberikan pencerahan kepada warga Lanud Abd. Saleh di acara tersebut. Acara yang dihadiri oleh para pejabat dan anggota Lanud Abd. Saleh beserta Insub serta anggota PIA Ardhya Garini dimulai usai apel pagi.

Dalam sambutannya Danlanud Abd Saleh Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, SE menjelaskan tentang hikmah ibadah salat sebagai rukun Islam yang kedua mengandung nilai-nilai ketaatan dan kepatuhan kita sebagai umat Islam kepada Allah SWT. Nilai tersebut akan memberikan pengaruh positif terhadap setiap orang, termasuk bagi kita sebagai seorang prajurit yang harus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Kesetiaan, ketaatan dan kepatuhan serta kebiasaan hidup yang demikian itulah yang merupakan salah satu faktor utama yang melandasi moral, motivasi dan semangat pengabdian prajurit Sapta Marga atas segala tugas negara yang dibebankan kepada kita,” jelas Marsma Djoko.

Ditambahkannya, melalui peringatan Isra Mikraj ini hendaklah kita mampu menggerakkan perenungan kita mengenai seberapa dalam penghambaan kita kepada Allah SWT. Jika hal tersebut telah melekat pada setiap pribadi prajurit yang beragama Islam, insya Allah akan  terbentuk sikap prajurit yang senantiasa sadar bahwa apapun tugas yang dihadapi pada hakikatnya adalah suatu ibadah.

Dengan demikian, peringatan Isra Mikraj ini sekaligus merupakan salah satu wahana evaluasi dan introspeksi diri kadar keimanan, ketakwaan dan kualitas pengabdian kita sebagai prajurit Sapta Marga untuk ditingkatkan di masa mendatang.

Sementara itu, DR. KH. Zainur Roziqin menjelaskan tiga hal yang harus dimaknai dan dilaksanakan oleh prajurit Lanud Abd. Saleh diantaranya teman yang selalu menemani manusia selama hidup di dunia yaitu harta yang membuat semangat hidup manusia untuk selalu bekerja keras yang dilandasi dengan ibadah dan keikhlasan.

Kedua, para prajurit hendaknya membiasakan untuk bekerja keras dan lurus, cari rejeki yang halal dan baik. Serta yang ketiga adalah teman di alam kubur adalah amal perbuatan. “Maka dari itu jangan tinggalkan salat lima waktu dan bersedekahlah,” pesannya.

Di waktu yang sama dilakukan pula peringatan Isra Mikraj gabungan TNI/Polri yang dilaksanakan di Masjid Baiturrachman Polres Kota Malang yang dihadiri oleh Komandan Wing 2 Lanud Abd. Saleh Kolonel Pnb Fairlyanto, ST beserta beberapa anggota Lanud dan Insub, pejabat jajaran Divisi 2 Kostrad, Brigif II Jabung, dan juga para pejabat dari Lanal Malang.

Dalam acara tersebut diawali sambutan oleh Kapolres Malang Kota AKBP Decky Hendarsono dan dilanjutkan ceramah agama oleh Rektor Unisma Malang Prof. DR. H. Masykuri Bakri, M.Si.

Dalam sambutannya, Kapolres Malang Kota menyampaikan beberapa pesan kepada yang hadir untuk senantiasa meningkatkan keimanan, kejujuran serta disiplin sebagaimana tema dalam acara yaitu ‘Peringatan Isra Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW 1437 H/2016 Sebagai Upaya Menanamkan Keimanan, Kejujuran dan Disiplin Guna Mewujudkan Revolusi Mental Anggota TNI/POLRI’. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content