Berita

Safari Ramadan, Walikota Malang Imbau Orang Tua Lebih Waspada

Blimbing, MC – Dalam Safari Ramadan yang untuk pertama kali digelar di Masjid Ar-Roisiyah di wilayah Kelurahan Jodipan Kecamatan Blimbing, Walikota Malang H. Moch. Anton mengajak para orang tua agar lebih waspada dalam menjaga dan mengawasi anak-anaknya, Selasa (7/6). Pasalnya, saat ini rawan sekali terjadi berbagai tindak kriminalitas yang mayoritas dilakukan oleh generasi muda.

Walikota Malang, H Moch Anton secara simbolis memberikan santunan kepada anak yatim
Walikota Malang H. Moch. Anton secara simbolis memberikan santunan kepada anak yatim

Pria yang akrab disapa Abah Anton itu mencontohkan seperti halnya penyalahgunaan narkoba, kekerasan atau pelecehan seksual, perampokan seringkali pelakunya dari kalangan anak muda.

Oleh sebab itulah, orang nomor satu di Pemerintah Kota Malang itu mengimbau kepada para orang tua agar meningkatkan kewaspadaannya dan selalu memantau buah hatinya.

“Disisi lain, penguatan iman melalui ajaran agama juga sangat penting ditanamkan oleh para orang tua agar anak-anaknya tidak terjerat berbagai tindak kriminalitas. Narkoba dan peredaran miras yang sangat bebas menjadi pemicu utama terjadinya berbagai tindak kriminalitas. Generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa harus menjadi contoh dan garda terdepan dalam menciptakan stabilitas serta menumbuhkan kerukunan antar umat beragama,” urai politisi PKB itu.

Dalam acara Safari Ramadan yang juga diikuti jajaran SKPD di lingkungan Pemkot Malang ini, Abah Anton menyampaikan berbagai aturan terkait pemberian bantuan kepada masjid-masjid yang tidak seperti tahun lalu.

“Ketatnya aturan dari pemerintah harus ditaati agar para pejabat negara tidak tersangkut permasalahan hukum. Jadi kita selalu melangkah dan mengambil keputusan dengan ekstra hati-hati,” terangnya.

Sedangkan untuk mencegah terjadinya berbagai tindak kejahatan, menurut Abah Anton salah satu cara efektif yang bisa dilakukan saat ini adalah sinergitas antara pemerintah dengan rakyat.

“Kedua elemen ini harus berkolaborasi untuk meminimalisir dan untuk mencegah terjadinya berbagai tindak kejahatan. Warga harus segera melapor kepada pihak berwajib jika melihat indikasi adanya tindak kejahatan, sehingga bisa segera ditangani sedini mungkin,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content