Berita

Idrus Achmad Resmi Menjabat Sebagai Sekda Kota Malang yang Baru

Klojen, MC – Wali Kota Malang H. Moch. Anton secara resmi melantik Dr. Idrus Achmad, M.Si sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Senin (1/8). Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Malang ini dilakukan di Ruang Sidang Balai Kota Malang.

Wali Kota Malang H. Moch. Anton membacakan SK pelantikan Sekda Kota Malang yang baru
Wali Kota Malang H. Moch. Anton membacakan SK pelantikan Sekda Kota Malang yang baru

Wakil Wali Kota Malang, Ketua DPRD Kota Malang, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang serta seluruh Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang turut hadir dalam pelantikan ini.

Dalam sambutannya, Wali Kota Malang H. Moch. Anton menyampaikan bahwa peran seorang sekretaris daerah tidak saja mengemban langkah konsolidasi secara internal, namun juga harus mampu menangkap denyut dan psikologis masyarakat Kota Malang, sehingga warna birokrasi Kota Malang benar-benar mencerminkan kearifan lokal yang termanifestasi pada postur anggarannya.

“Muaranya adalah sebuah spirit untuk membawa setiap kegiatan yang ada benar-benar berprinsip ‘money follow program’ dan tidak semata ‘money follow function’ sebagaimana yang sering ditegaskan Presiden,” ujar pria yang kerap disapa Abah Anton itu.

“Dan saya percaya, itu akan mampu dilakukan oleh Bapak Idrus Achmad, yang notabene merupakan warga Arema itu. Semoga ia bisa bekerja dengan baik nantinya,” tambahnya.

Ke depan, terang politisi PKB itu, tantangan yang akan dihadapi juga tidak semakin ringan. Ragam kebutuhan masyarakat akan terus bertambah secara kuantitatif maupun kualitatif. Di sisi yang lain, Kota Malang dalam perkembangannya semakin dipercaya oleh pemerintah pusat sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi, khususnya di kawasan Jawa Timur.

Menjawab itu semua, maka diperlukan birokrasi yang kuat. Birokrasi yang bertumpu pada semangat melayani, menempatkan perubahan menjadi sebuah keniscayaan. Sehingga yang didorong adalah profesionalitas, kreativitas dan inovasi dalam setiap geraknya.

“Peran itu pula, yang besar harapan saya, mampu dikembangkan terus oleh pak Sekda selaku nahkoda tertinggi dalam garis birokrasi di lingkungan Pemerintah Kota Malang,” harapnya.

Dia juga berpesan agar jajaran SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang dapat membantu dan memberikan dukungan serta bergerak secara dinamis dalam ayun langkah sekda yang baru saja dilantik kemarin itu. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content