Berita

Mendikbud Resmikan Museum Mpu Purwa

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP meresmikan Museum Mpu Purwa yang berada di Jl. Soekarno Hatta Perumahan Griya Santa Blok B, No 210, Kota Malang, Sabtu (14/7).

Mendikbud RI menandatangani prasasti peresmian Museum Mpu Purwa

Mendikbud RI memberikan apresiasi dengan adanya museum yang lokasinya berdekatand dengan kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang itu.

Menteri Muhadjir berpesan agar museum ini dijaga dengan baik agar aneka benda sejarah yang ada terjaga dengan baik dan bisa dijadikan tempat pembelajaran bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

Sementara itu Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, SH, M.Si megungkapkan bahwa selama ini banyak orang mengira jika kerajaan tertua di negeri ini adalah Kerajaan Majapahit.

Namun berdasarkan sejarah dan berbagai temuan benda sejarah, disampaikannya bahwa Kerajaan Kanjuruhan yang ada di Malang adalah kerajaan tertua yang sebenarnya.

Kerajaan Kanjuruhan, lanjutnya, berdiri pada abad VIII Masehi dan untuk mengetahui kebenaran akan hal tersebut, bisa dilihat serta di pelajari di Museum Mpu Purwa.

Berbagai prasasti, artefak, arca dan benda-benda bersejarah lain, lanjut Ida, ada di museum ini, sehingga tempat ini sangat layak serta patut menjadi rujukan pembelajaran.

“Pelajar, mahasiswa dan para sejarawan tentu akan banyak menemukan bukti-bukti terkait adanya kerajaan tertua ini, yakni Kerajaan Kanjuruhan,” imbuhnya.

Berbagai acara seni budaya pun, akan digelar secara rutin di area Museum Mpu Purwa sehingga diharapkan akan menunjang sarana dan wahana pembelajaran di tempat ini dan sejarah bangsa ini di masa lalu tetap terjaga dengan baik. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content