Berita

Taipei Tertarik Calon Tenaga Kerja Terampil Kota Malang

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Taipei mengungkapkan tertarik dengan tenaga kerja terampil asal Kota Malang untuk dipekerjakan di negara mereka. Selain itu, saat ini juga banyak orang Indonesia yang menempuh pendidikan tinggi dan bekerja di Taipei.

Pertemuan antara perwakilan Pemerintah Taipei dan perwakilan Pemkot Malang berlangsung gayeng di Ruang Tumapel Balaikota Malang

Hal itu yang disampaikan oleh Brian selaku Deputy Director Taipei Economic and Trade Office saat datang dan berdiskusi dengan perwakilan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang di Ruang Tumapel Balai Kota Malang, Selasa (14/2).

Ke depan, Pemkot Malang diharapkan bisa mengirimkan tenaga kerja terampil setidaknya 100 orang per tahun. “Kerjasama Taipei dengan Pemkot Malang sudah terjalin lama, sehingga hubungan kedua pemerintahan ini sudah sangat baik,” ungkap Brian.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Malang, Yudhi K. Ismawardi, SH, M.Hum yang juga hadir dalam pertemuan ini mengatakan jika pihaknya menyambut positif atas inisiatif dari Pemerintah Taipei ini. “Nantinya pertemuan ini akan ditindaklanjuti MoU dengan Walikota Malang,” imbuhnya.

“Pada dasarnya kita siap dengan kerjasama ini, khususnya dalam pengiriman tenaga kerja. Kami harap di tahun 2017 ini juga MoU tersebut dapat terealisasi, sehingga Kota Malang dapat mengirim tenaga kerja yang diinginkan Taipei,” harap Yudhi.

Ditambahkannya, selain tawaran gaji yang cukup fantastis, yaitu minimal Rp 8 juta untuk lulusan SMK, Taipei juga menyediakan beasiswa Bahasa Mandarin bagi orang Indonesia. “Selain gaji tinggi, pekerja juga akan mendapat fasilitas berbagai asuransi, sehingga menurut saya apa yang ditawarkan Taipei sangat bagus,” ucap Yudhi.

Kerjasama ini tidak hanya di bidang ketenagakerjaan, tapi juga untuk bidang lain seperti pariwisata, ekonomi dan budaya. “Begitu juga dengan tenaga kerja yang diminta, akan ditempatkan di semua bidang, seperti kesehatan dan industri,” pungkas Yudhi. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content