Berita

BPNT Secara Serentak Disalurkan di Lima Kecamatan

Blimbing (malangkota.go.id) Wali Kota Malang H. Moch. Anton secara simbolis melakukan penyerahan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kelurahan Bandungrejosari Kecamatan Sukun Kota Malang, Kamis (23/2). Penyerahan bantuan ini dilakukan serentak di lima wilayah kecamatan yang ada di Kota Malang, yaitu yaitu Kelurahan Tunjungsekar, Kelurahan Pandanwangi, Kelurahan Lesanpuro, Kelurahan Bandungrejosari dan Kelurahan Kauman. 

Wali Kota Malang H. Moch. Anton turut menyaksikan proses pencairan BPNT di kantor Kelurahan Tunjungsekar

Data penerima BPNT tahun 2017 ini di lima kelurahan itu masing-masing yakni Kelurahan Tunjungsekar sebanyak 1.157 penerima, Kelurahan Pandanwangi 1.230 penerima, Kelurahan Lesanpuro 1.829 penerima, Kelurahan Bandungrejosari 1.573 penerima, dan Kelurahan Kauman sebanyak 649 penerima. 

Wali Kota Malang yang akrabn disapa Abah Anton tersebut menyampaikan bahwa pemberian bantuan dengan sistem nontunai ini sangat efektif dan tepat sasaran. “Sebenarnya bantuan nontunai ini adalah pengganti raskin. Alasan kenapa diganti dengan model voucher, karena harapan dari Bapak Presiden, bantuan bisa terpantau dan utamanya mutu beras yang diberikan baik dan layak,” terangnya.

Politusi PKB itu juga mengajak kepada para tokoh masyarakat dan Ketua RT dan RW agar proaktif memantau warga di sekitarnya yang membutuhkan, sehingga bantuan benar-benar tepat sasaran dan bermanfaat. “Kepada penerima saya harap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” imbaunya.

Selain memberikan bantuan secara simbolis, Abah Anton pada saat lawatan ke kantor Kelurahan Tunjungsekar juga meresmikan gedung kantor kelurahan yang baru selesai direnovasi serta memberikan hadiah kepada pemenang lomba RT-ku Go Green yang diselenggarakan Kelurahan Tunjungsekar. 

CEO BNI Wilayah Malang Raya, Yessi Kurnia mengatakan, pihaknya merupakan salah satu pihak Perbankan yang ditunjuk Kementerian Sosial (Kemensos) untuk menyalurkan bantuan nontunai tersebut. 

Berdasarkan data dari Kemensos RI, BNI Malang menyalurkan bantuan kepada sebanyak enam ribu warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan sebanyak 18 ribu warga penerima Beras Sejahtera (Rastra). Penyaluran bantuan ini terus dilakukan secara bertahap. 

“BNI bersama Himpunan Bank Negara terus berupaya dengan baik untuk menyalurkan bantuan ini. Untuk mempermudah layanan, BNI juga menyiapkan beberapa agen, agar masyarakat tidak kesulitan untuk menerima bantuan tersebut,” terang Yessy.

Ditambahkannya, pihak Bank BNI akan terus berkoordinasi dengan Kemensos dan Pemkot Malang agar bantuan ini bisa lancar. “Sejauh ini pelaksanaan penyaluran bantuan berjalan dengan baik dan semoga hal tersebut bisa dipertahankan,” pungkas Yessy. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content