A. Highlight Berita Perempuan

Peringatan HKG 2024, Momen Perkuat Peran PKK Sebagai Mitra Pemerintah

Blimbing (malangkota.go.id) – Tim Penggerak (TP) PKK Kota Malang menggelar Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 di Malang Creative Center (MCC), Senin (29/4/2024). Mengangkat tema “Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”, HKG menjadi momentum untuk memperkuat peran PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang senantiasa berusaha memberi daya atas peran sertanya dalam pembangunan melalui pemberdayaan keluarga.

Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 di Malang Creative Center (MCC)

Penjabat (Pj.) Ketua TP PKK Kota Malang Dra. Hj. Hanik Andriani Wahyu Hidayat dalam kesempatan ini mengajak semua kader PKK untuk bergerak bersama menyukseskan  program pemerintah dengan melaksanakan berbagai program melalui 10 program pokok PKK. “PKK adalah mitra kerja Pemkot Malang jadi kita selaraskan sesuai juga dengan tema HUT Kota Malang yang harapannnya, prestasi dapat meningkat. Semuanya kita bergerak bersama untuk menuju Indonesia Maju,” paparnya.

Hanik berharap TP PKK bisa menjadi motor untuk menggerakkan kader dan menjalin sinergisitas dengan para stakeholder. Bergerak bersama mengandung makna keserempakan gerak kader PKK bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga Indonesia.

Selanjutnya, PKK juga didorong untuk mengoptimalisasikan potensi gerakan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mempercepat pembangunan nasional dan daerah. Hanik juga mengajak semua kader untuk mendukung pelaksanaan rencana induk gerakan PKK Tahun 2021-2024.

“Besar harapan saya agar kita dapat menjawab tantangan dan mewujudkan capaian substansi tugas dan fungsi TP PKK untuk mencapai visi gerakan PKK tahun 2021-2024 yakni terwujudnya keluarga sehat, cerdas, berdaya, beriman, dan bertakwa menuju Indonesia Maju 2024,” ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, M.M.  menyampaikan bahwa TP PKK harus membawa semangat dan energi baru pada setiap langkah dalam menyesuaikan serta menyelaraskan program kegiatan dengan kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot). Terlebih saat ini, Pemkot menguatkan komitmen untuk memenuhi target isu strategis dari pusat seperti penurunan kemiskinan ekstrem dan stunting.

“Keberhasilan capaian ini tak lepas dari peran PKK sebagai mitra kerja dalam pemberdayaan perempuan. Saya harap TP PKK Kota Malang dapat menguatkan peran kader mulai tingkat RT dan kerja sama lintas sektor untuk menanggulangi berbagai isu strategis yang ada,” ujar Wahyu.

Wahyu menilai TP PKK Kota Malang telah menunjukkan kolaborasi dan sinergitas yang baik untuk mendukung program kegiatan di Pemkot Malang. “Terbukti juga ada stunting, ada keterlibatan ibu PKK juga. Kemudian juga ada penghargaan bagi mereka yang membantu program kegiatan OPD di Kota Malang. Seperti seperti urban farming dan budidaya ikan nila. Hal ini karena ada 10 program pokok PKK yang sejalan dengan program perangkat daerah. Ada sinergitas yang dilakukan TP PKK berkolaborasi dengan Pemkot Malang, terutama dengan memberdayakan ibu-ibu PKK baik di tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, TP PKK Kota Malang memberikan berbagai penghargaan. Diantaranya penghargaan untuk para kader PKK yang telah mengabdikan diri selama belasan bahkan puluhan tahun dalam kegiafan-kegiatan PKK. Penghargaan juga diberikan kepada 10 orang inovator/penggerak berprestasi dalam berbagai bidang seperti dalam bidang smart farming, pemanfaatan lingkungan, pendidikan anak usia dini, kerajinan batik, dan sebagainya.

Pj. Walikota Malang juga menyerahkan penghargaan pada TP PKK kelurahan terbaik dalam pelaksanaan 10 program PKK. Puncak peringatan HKG ini juga dimeriahkan oleh penampilan gerak dan lagu dari TK Al Ya’lu Kota Malang dan tari tematik disabilitas dari komunitas difabel Linksos Indonesia. Selain itu juga ada peragaan busana karya siswa SMK Negeri 3 Malang dan penampilan tari kolaborasi pengurus TP PKK tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan. (ari/yul)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content