Berita

Menteri Khofifah Apresiasi Perkembangan Kampung Desaku Menanti

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi perkembangan Kampung Desaku Menanti yang berlokasi di Dusun Baran Kelurahan Tlogowaru Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.

Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Kampung Desaku Menanti didampingi Wakil Walikota Malang Drs. Sutiaji

Program Desaku Menanti adalah salah satu upaya dari Kementerian Sosial RI untuk mengentaskan masalah kemiskinan yang ada di Indonesia. Di Kota Malang sendiri realisasi program ini telah dilakukan pada bulan Maret 2016 lalu berupa pembangunan 40 rumah bagi eks gelandangan dan pengemis (gepeng).

Diungkapkannya saat mengunjungi Kampung Desaku Menanti yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji, Kementerian Sosial RI sering mendapatkan pertanyaan yang beberapa diantaranya dari wartawan asing tentang penanganan gepeng. Apalagi mendekati bulan Ramadan, permasalahan tentang gepeng selalu menjadi masalah tersendiri. Tidak hanya di Malang saja, namun juga di berbagai daerah di Indonesia.

“Kami mencari format bagaimana bisa secara efektif menangani gelandangan dan pengemis, salah satunya seperti yang dilakukan di Kampung Menanti,” terang Menteri Khofifah, Minggu (12/3).

Apalagi saat ini Kampung Desaku Menanti telah menjadi destinasi wisata baru di Kota Malang dengan hadirnya Kampung Wisata 100 Topeng. Kehadiran kampung wisata ini harapannya warga sekitar bisa menjadi lebih mandiri karena beragam produk kreatif yang dihasilkan bisa dipasarkan dengan baik.

Ke depan, program ini akan terus dikembangkan seiring dengan ditingkatkannya peran relawan, BUMN, BUMD, masyarakat dan juga pemerintah setempat. Dengan jalan ini diharapkan masyarakat binaan secepatnya bisa mandiri, serta program ini sukses dan tidak ada lagi gepeng yang berkeliaran di jalan. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content