Berita

Dinkop & Usaha Mikro Tingkatkan Kompetensi Manajer KSP/USP

Klojen (malangkota.go.id) – Membantu koperasi di Kota Malang agar bisa lebih berkembang, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (UM) Kota Malang menggelar kegiatan ‘Peningkatan Kompetensi Manager Koperasi Simpan Pinjam (KSP)/Usaha Simpan Pinjam (USP) di Hotel Kartika Malang, Selasa (12/9).

Kepala Dinas Koperasi dan UM Kota Malang Dra. Tri Widyani P., M.Si saat memberikan sambutan

Kepala Dinas Koperasi dan UM Kota Malang Dra. Tri Widyani Pangestuti, M.Si mengungkapkan, Pemerintah Kota Malang sangat serius dalam membina dan mengembangkan koperasi. Termasuk kali ini melalui kegiatan peningkatkan kompetensi manajer dengan mengundang koperasi se-Kota Malang.

“Peran manajer koperasi sangat penting untuk bisa mengembangkan koperasi dengan pesat. Untuk itu sangat penting melakukan kegiatan ini,” jelas Yani, panggilan akrab Tri Widyani, Selasa (12/9).

Melalui kegiatanan ini Yani berharap pengelola koperasi di Kota Malang semakin termotivasi dan gigih untuk memajukan koperasi. Menuruntnya dengan semangat dan motivasi yang tinggi berbagai persoalan seberat apapun akan bisa diatasi.

“Era saat ini semuanya begitu cepat berubah. Tidak hanya setiap hari berubah, tiap detik pun berubah. Begitupun denga koperasi,” imbuh perempuan yang pernah menjadi Kepala Dinas Kominfo Kota Malang itu.

Keberadaan koperasi, lanjut Yani, saat ini diharapkan bisa menyejahterakan anggotanya, bisa menghadapi perkembangan zaman dan bisa bersaing mengembangkan usaha.

Sementara itu Kepala Bidang Pengawasan Koperasi Dinas Koperasi dan UM Kota Malang Drs. M. Rabidin, MM menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan para manajer koperasi di Kota Malang.

Disampaikannya, seiring perkembangan waktu, perkembangan dunia usaha saat ini sudah begitu ketat. Menurutnya dibutuhkan manajer koperasi yang brilian  dan mumpuni agar koperasi yang dikelola bisa berkembang pesat. “Kami ingin dengan kegiatan ini koperasi di Kota Malang bisa lebih sehat dan berkembang pesat,” harap Rabidin.

Kegiatan Peningkatan Kompetensi Manager KSP/USP ini digelar selama dua hari mulai kemarin Selasa (12/9) sampai dengan Rabu (13/9) dengan diikuti sebanyak 80 peserta. Agar pelatihan bisa berjalan maksimal, panitia mendatangkan pemateri yang berkompeten dari lembaga diklat profesi dan Dinas Koperasi dan UM Kota Malang.

Berbagai materi yang disampaikan pemateri dalam kegiatan ini diantaranya adalah bagaimana menyusun perencanaan strategi koperasi, melakukan negosiasi, melakukan kontrak, pinjaman/pembiayaan dan pengikatan anggunan. Juga menilai tingkat kesehatan koperasi, melakukan kemitraan, menyajikan presentasi

Agar semakin sempurna, kegiatan juga diisi dengan materi prinsip-prinsip pengelolaan organisasi manajemen, mengamankan aset dan infrastuktur, melaksanakan pengendalian intern, menganalisis program kerja dan rencana anggaran pendapatan dan biaya.

Dimana tujuan akhir dari kegiatan ini adalah para manajer koperasi di Kota Malang bisa semakin mumpuni, bisa mengembangkan koperasi dengan bagus sehingga anggota Koperasi di Kota Malang bisa semakin sejahtera. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content