Berita

Mahasiswa UNJ Timba Ilmu di Pemkot Malang

Klojen, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang menerima Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dari mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Rabu (4/10) di Ruang Sidang Balai Kota Malang.

PKL: Sekretaris Daerah Kota Malang, Drs. Wasto, SH., MH (kanan) bertukar cenderamata dengan pimpinam rombongan UNJ, Indra Pahala, SE., M.Si di Balai Kota Malang, Rabu (4/10).

Mahasiswa KKL tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH., MH, sedangkan mahasiswa yang berjumlah 107 orang itu dipimpin langsung oleh Dosen Akuntansi Universitas Negeri Jakarta, Indra Pahala, SE., M.Si.

Dalam sambutannya, Wasto mengucapkan selamat datang dan terima kasih serta penghargaan atas kepercayaan untuk menjadikan Kota Malang sebagai salah satu tujuan, guna menimba ilmu untuk mendapatkan pemahaman tentang sistem akuntansi yang terdapat di Pemerintah Kota Malang.

Salah satu agenda reformasi  di Indonesia yang dilakukan adalah, keharusan menerapkan akuntansi berbasis akrual pada setiap instansi pemerintahan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Terkait dengan pengelolaan barang milik daerah, Pemerintah Kota Malang telah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Barang dan Aset Daerah (SIMBADA).

Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah implementasi pemenuhan kebutuhan penatausahaan maupun penyusunan laporan aset daerah yang sesuai dengan standar perundang-undangan yang mengatur permasalahan aset pemerintah daerah, sekaligus meningkatkan kualitas laporan aset Pemerintah Kota Malang dalam hal akuntabilitas dan transparansi.

“Atas berbagai upaya yang telah dilakukan, Pemerintah Kota Malang telah memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia, yang telah dicapai 6 kali,” ujar Wasto.

Sementara itu, pimpinan rombongan Indra menyampaikan tujuan datang ke Pemerintah Kota Malang yakni agar mahasiswa dapat memahami kegiatan operasional Pemerintah Kota Malang, memahami sistem akuntansi dan keuangan Pemerintah Kota Malang dan dapat memotivasi mahasiswa agar menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

”Melalui kunjungan ini kami berharap dapat terjalin hubungan yang baik antara Pemerintah Kota Malang dan Universitas Negeri Jakarta. Semoga kunjungan kita memberikan manfaat dan pengetahuan,” tutur Indra. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content