Berita

Jatim Specta Night Carnival 2017, Pesona Topeng Nusantara

Klojen (malangkota.go.id) – Jatim Specta Night Carnival (JSNC) ke-4 Tahun 2017 bertema ‘Pesona Topeng Nusantara’ digelar di Kota Malang, Sabtu (7/10). Acara yang ini diprakarsai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur digelar di Jl. Ijen Malang.

Salah satu peserta JSNC ke-4 2017 saat tampil

Pagelaran JSNC yang merupakan pawai kebudayaan terbesar di Jawa Timur ini mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat Kota Malang. Ini terlihat dari animo warga masyarakat yang berduyun-duyun menyaksikan pagelaran.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim M. Sinarto mengungkapkan, JSNC sebelumnya telah digelar di Banyuwangi, Ngawi dan Blitar. Setelah melalui proses dan pertimbangan, akhirnya Kota Malang terpilih sebagai tempat penyelenggaraan.

“Kota Malang situasinya sangat kondusif. Kota ini memiliki berbagai fasilitas yang memungkinkan pagelaran dilaksanakan di Kota Malang,” jelas Sinarto, Sabtu (7/10).

Pada pagelaran di Kota Malang, sengaja panitia mengangkat tema topeng sebab Kota Pendidikan ini identik dengan kesenian topeng. Ini yang terus digali dan dikembangkan sehingga bisa disuguhkan menjadi sajian yang menarik.

Adanya kegiatan JSNC diharapkan Sinarto bisa banyak membawa berkah dan manfaat, baik dari sisi hiburan untuk menarik wisatawan hingga ekonomi rakyat yang turut terangkat.

“Banyaknya peserta JSNC yang datang ke Kota Malang tentu butuh penginapan, butuh makanan, butuh oleh-oleh, situasi ini tentu bagus bagi perekonomian warga,” imbuhnya.

Pertunjukan seni tradisi sebagai khasanah budaya bangsa yang memiliki keragaman bentuk, jenis, nilai dan visual merupakan warisan penting untuk memperkuat jati diri. Bisa menguatkan kepribadian, kemartabatan serta sumber bahan inspirasi dalam proses kreatif bagi kehidupan berbidaua.

Jatim sendiri merupakan provinsi yang memiliki banyak keragaman seni budaya dan adat istiadat dengan berbagai keunikan. Beraneka keunikan inilah yang dalam JSNC selalu diangkat agar kegiatan bisa semakin membumi.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya karena Kota Malang dipercaya Pemerintah Provinsi Jatim sebagai tuan rumah penyelenggaraan JSNC ke-4. Sebagai tuan rumah, lanjutnya, Kota Malang sangat siap untuk turut serta menyukseskan pagelaran akbar ini.

“Kami sudah sering menggelar berbagai kegiatan di Jl. Ijen. Kesadaran masyarakat Kota Malang sudah bagus, kami yakin bisa membantu kegiatan agar bisa berjalan sukses,” ucap Wasto. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content