Berita

Kota Malang Raih Penghargaan Kelurahan Tangguh Bencana Tingkat Provinsi Jatim 2017

Surabaya (malangkota.go.id) – Bertepatan dengan Peringatan HUT ke 72 Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan pada hari Kamis (12/10), Wali Kota Malang H. Moch. Anton menerima Penghargaan Kelurahan Tangguh Bencana Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2017.

Mendagri Tjahjo Kumolo (kiri) menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Malang H. Moch. Anton

Penghargaan yang ditujukan untuk Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota Malang ini diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo yang pada kesempatan kali ini juga bertindak sebagai inspektur upacara.

Puncak peringatan HUT Provinsi Jatim yang dipusatkan di Tugu Pahlawan Surabaya ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Wakil Gubernur Jawa Timur, serta beberapa Bupati/Wali Kota se-Jawa Timur.

Selain Kota Malang, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Tuban dan Kabupaten Ngawi juga menerima penghargaan Kelurahan Tangguh Bencana Tingkat Provinsi Jawa Timur untuk kategori Pratama.

Dalam amanatnya, Menteri Tjahjo Kumolo menyampaikan harapannya agar seluruh kepala daerah di Jawa Timur dapat memberikan inovasi dalam pembangunan daerah agar Jawa Timur semakin maju dan berdaya saing, serta mampu meningkatkan kualitas manusia di Indonesia.

Menteri Tjahjo Kumolo juga berpesan agar sebagai aparatur, pemerintah daerah harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Pemprov Jatim harus bisa menyelesaikan pembangunan sampai ke tingkat desa dan kelurahan sebagai perwujudan janji politiknya,” tegas Menteri Tjahjo.

Dalam kesempatan ini, Presiden RI melalui Mendagri juga menyerahkan penghargaan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Surabaya. “Ini diberikan karena mampu menunjukkan kinerja pemerintahan yang baik selama tiga tahun berturut-turut,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang usai menerima penghargaan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat di wilayah Kelurahan Sawojajar atas raihan prestasi yang kembali mengharumkan nama Kota Malang. “Tanpa peran serta seluruh elemen masyarakat di wilayah Kelurahan Sawojajar, maka Penghargaan Kelurahan Tangguh Bencana Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2017 tidak akan mungkin dapat kita raih,” ucap Abah Anton, demikian Wali Kota Malang itu akrab disapa.

Abah Anton juga berpesan agar raihan prestasi yang telah dicapai ini mampu terus dipertahankan dan ditingkatkan secara berkesinambungan. “Kebersamaan dan soliditas antar seluruh elemen masyarakat baik TNI dan Polri juga harus terus ditingkatkan demi kesuksesan pembangunan di Kota Malang,” tambahnya lagi.

“Saya juga menyampaikan apresiasi kepada BPPD Kota Malang dan OPD yang memberikan pendampingan kepada Kelurahan Sawojajar. Prestasi ini merupakan kerja bersama yang harus terus kita pertahankan,” tutur Abah Anton. (say/yon)