Berita

Forkompimda Plus Jamin Keamanan Natal & Tahun Baru 2018

Klojen (malangkota.go.id) – Menjelang pelaksanaan Misa Natal, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Plus menggelar inspeksi pada hari Minggu (24/12) untuk memastikan perayaan Natal dan pengamanannya berjalan kondusif.

Wali Kota Malang H. Moch, Anton bersama jajaran Forkopimda Plus berdialog dengan seorang pastor

Wali Kota Malang H. Moch. Anton memimpin langsung inspeksi kali ini yang juga diikuti oleh Kapolres Malang Kota, Dandim 0833 Malang Kota, Danrem 083/Baladhika Jaya, Ketua DPRD Kota Malang dan pihak terkait lainnya.

Sebelumnya, sejumlah personel tim Penjinak Bom (Jibom) Satuan Brimob Detasemen B Pelopor Polda Jatim juga telah melakukan penyisiran di beberapa gereja yang ada di Kota Malang. Hal ini untuk memastikan tidak ada sesuatu hal yang mencurigakan sebelum pelaksanaan Misa Natal.

Setelah berkoordinasi di Balai Kota Malang, rombongan ini langsung menuju ke pos pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018 yang ada di Jl. Basuki Rahmad. Setelah melakukan pemeriksaan dan memberikan saran tertulis pada buku tamu yang ada di pos, Wali Kota Malang menuju gereja yang bersebelahan dengan pos pengamanan tersebut.

Kedatangan rombongan inipun disambut seorang pastor dan umat Kristiani yang sedang mempersiapkan pelaksanaan Misa Natal. Setelah berdialog, Abah Anton, demikian sapaan akrab Wali Kota Malang tersebut, mengatakan kepada awak media jika pihaknya siap memberikan pengamanan dan keamanan bagi umat Kristiani yang akan merayakan Natal.

“Kota Malang adalah kota damai dan selama ini persaudaraan antar umat beragamanya berjalan baik, serta bahkan bisa dibilang salah satu yang terbaik di Indonesia. Hal inilah yang harus kita jaga selamanya. Kita mengajak semua unsur masyarakat untuk turut memberikan rasa aman bagi umat Kristiani sehingga mereka dapat beribadah dengan baik,” ajak Abah Anton.

Ditambahkannya, bahwa semua aparat dari jajaran kepolisian, TNI dan pam swakarsa akan selalu siap siaga. Begitu juga tim dari penjinak bom dari Satuan Brimob Detasemen B Pelopor Polda Jatim akan siaga selama 24 jam. “Tentu kita berharap tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama Natal maupun perayaan tahun baru kali ini,” imbuhnya lagi.

Tak lama kemudian, rombongan melanjutkan inspeksi ke sejumlah gereja yang ada di Kota Malang guna memastikan pengamanan yang diberikan oleh personel dari berbagai unsur. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content