Artikel

Kapolres Malang Kota Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan

Klojen (malangkota.go.id) – Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, SIK mengajak semua elemen masyarakat untuk tak henti-hentinya menangkal gerakan radikalisme dan ancaman terorisme sehingga kondusivitas tetap terjaga  serta masyarakat merasa aman. Dengan bersatunya berbagai elemen, maka upaya itu akan semakin kuat dan akan mempersempit ruang gerak bagi oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang berusaha memecah belah persatuan bangsa.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, SIK saat memberikan sambutan

Hal itu disampaikan Kapolres Malang Kota saat acara Buka Puasa Bersama Polres Malang Kota dan Bhayangkari dengan Forkopimda, TNI-Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta elemen masyarakat Kota Malang di Mako Polres Malang Kota, Sabtu (02/06) petang.

Pada kesempatan ini, selain membagikan takjil kepada para pengguna jalan, Kapolres Malang Kota juga menyerahkan santunan kepada anak yatim dan para pensiunan TNI-Polri.

Melalui acara ini, AKBP Asfuri mengajak berbagai stakeholder untuk selalu menjaga kerukunan dan kondusivitas, terutama terkait menyikapi situasi saat ini. “Situasi yang tidak menentu, seperti halnya di berbagai daerah masih terjadi ancaman kamtibmas dan pertikaian antar golongan, tentu akan memicu terjadinya perpecahan,” jelasnya.

Meski sejauh ini di Kota Malang tidak ada ancaman kamtibmas yang berarti, tapi pihaknya akan tetap waspada dan tak mau kecolongan. Menurut AKBP Asfuri, gangguan kemanan bisa datang setiap saat dan tak dapat ditebak kapan dating, sehingga kebersamaa serta kewaspadaan harus tetap terjaga.

“Terutama saat Bulan Suci Ramadan seperti saat ini, dimana umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa. Dengan kondisi aman, selain akan memberi kekhusyukan dalam beribadah, juga akan turut menjaga keutuhan NKRI dari sektor terkecil, yaitu suatu daerah yang menjadi bagian dari bangsa ini,” imbuh AKBP Asfuri.

Untuk menekan ancaman radikalismen serta terorisme dan demi menjaga kondusivitas, Kapolres Malang Kota pun berjanji akan terus meningkatkan kewaspadaan. Harapannya, kerukunan antar umat terjaga dan berbagai ancaman serta gangguan dapat ditekan semaksimal mungkin.

Imbauan, pesan, serta ajakan Kapolres Malang Kota tersebut mendapat respons positif dari Sekda Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH yang turut hadir pada kesempatan ini. Disampaikannya, Pemkot Malang pasti akan mendukung berbagai program yang dicanangkan Mapolres Malang Kota, terutama terkait kamtibmas.

“Jika Kota Malang selalu aman dan kondusif, selain kerukunan umat akan terjaga dengan baik, program pembangunan pun akan berjalan dengan baik. Disisi lain, investasi ke Kota Malang pun akan terus bertumbuh sehingga akan turut memberi kesejahteraan bagi masyarakat,” jelas Wasto. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content